PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO KONSTRUKSI POLA PADA PROGRAM STUDI TATA BUSANA

Hanifah Nur Istanti, PTBB FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Program Studi Tata Busana Program Sarjana Terapan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2021 terhadap video konstruksi pola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Tata Busana Program Sarjana Terapan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2021. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dan dikategorikan menggunakan skala interval data yakni Sangat Baik, Baik, dan Tidak Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa terhadap media video dalam kategori baik digunakan dalam pembelajaran, (2) persepsi mahasiswa terhadap materi video dalam kategori sangat baik digunakan dalam pembelajaran, dan (3) persepsi mahasiswa terhadap video dalam kategori sangat baik digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran konstruksi pola dibutuhkan oleh mahasiswa agar dapat digunakan sesuai dengan kemampuan mahasiswa serta memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tahapan pembuatan konstruksi pola.


Keywords


students perception; video; pattern making

Full Text:

PDF

References


S. Dahiya, S. Jaggi, K. K. Chaturvedi, A. Bhardwaj, R. C. Goyal, and C. Varghese, “An eLearning System for Agricultural Education,” Indian Res. J. Ext. Edu, vol. 12, no. 3, 2012.

A.W. (Tony) Bates, Teaching in a Digital Age: Guidelines for designing teaching and learning - 2nd Edition, Second Edi. Vancouver, B.C.: Tony Bates Associates Ltd, 2019.

H. H. Batubara, Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 2020.

A. Hansch, L. Hillers, K. McConachie, C. Newman, T. Schildhauer, and P. Schmidt, “Video and Online Learning: Critical Reflections and Findings from the Field,” SSRN Electronic Journal, 2015. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2577882.

Suryandari and S. Singgih, “Video-based learning for ‘learning from home’ solution in pandemic,” Journal of Physics: Conference Series, 2021. https://www.proquest.com/docview/2512962546/288B7C75C1FB4E8FPQ/3?accountid=25704.

P. A. Sari, F. Zahro, F. Oktavia, and P. A. Sari, “Sumber Belajar Alternatif Mata Kuliah Akuntansi Bagi Mahasiswa Generasi Z,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 19, no. 1, pp. 11–26, 2021, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/37083/15942.

C. Ou, D. A. Joyner, and A. K. Goel, “Designing and developing video lessons for online learning: A seven-principle model,” Online Learning Journal, 2019. https://dx.doi.org/10.24059/olj.v23i2.1449.

C. D. Nurwahidah, Z. Zaharah, and I. Sina, “Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 2021. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/4168.

D. K. Adiputra, D. Karyaningsih, and S. A. Ruiyat, “Development of Vocational Learning Video Based on Local account in PKN Learning in Elementary School,” vol. 1764, pp. 1–5, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1764/1/012086.

Y. L. Ningsih, “Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Diferensial,” Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2021. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/5517/5083.

D. A. Dipuja, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Video Monolog Sebagai Alternatif Tugas Dalam Pembelajaran Daring,” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2020. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/7869.

S. Sujinah, “Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19,” vol. 13, no. 2, pp. 256–271, 2020, doi: https://dx.doi.org/10.30651/st.v13i2.5444.

V. O. Nwaocha, “Enhancing students interest in mathematics via multimedia presentation,” African J. Math. Comput. Sci. Res., vol. 3, no. 7, pp. 107–113, 2010, [Online]. Available: http://www.academicjournals.org/ajmcsr/PDF/pdf2010/Jul/Ogochukwu.pdf.

H. M. GebreYohannes, A. Hadi Bhatti, and R. Hasan, “Impact of multimedia in Teaching Mathematics,” Int. J. Math. Trends Technol., vol. 39, no. 1, pp. 80–83, 2016, doi: 10.14445/22315373/ijmtt-v39p510.

H. H. Batubara, Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2021.

H. Ajie, B. Tantono, and U. N. Jakarta, “Analisis Dan Desain Kebutuhan Elemen Multimedia Video Pada Sistem Repositori Multimedia Pembelajaran Perakitan Komputer Di Sekolah Menengah Kejuruan,” vol. 1, no. 2, pp. 116–125, 2017, doi: https://doi.org/10.21009/pinter.1.2.4.

A. Tayade, S. Tayade, A. Chalak, and T. Srivastava, “The impact of Video Assisted learning (VAL) on slow learners,” Int. J. Biomed. Adv. Res., vol. 9, no. 1, p. 9, 2018, [Online]. Available: http://ssjournals.com/index.php/ijbar/article/view/4536/3051.

S. Tiwari, “Do Videos Used During Lectures Help First Year Mbbs Students Gain & Retain Knowledge in Anatomy Better?,” Int. J. Anat. Res., vol. 7, no. 4.1, pp. 6992–6995, 2019, doi: 10.16965/ijar.2019.261.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v6i1.50236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hanifah Nur Istanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats