Manajemen Pembelajaran Soft Skills Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis PBL Bidang Patiseri

Siti Hamidah, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Palupi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yuriani Yuriani, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menemukan: perilaku soft skills berpikir tingkat tinggi (SBT), menemukan tema permasalahan patiseri, menemukan rancangan manajemen SBT berbasis PBL bidang patiseri. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dalam bidang pendidikan yang diringkas menjadi 3 tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan model; dan 3) pengujian model. Penelitian ini merupakan tahap kedua berupa pegembangan rancangan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  pertama, perilaku SBT berbasis PBL terintegrasi bidang patiseri mencakup SBT berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatifitas dan inovasi, kemauan untuk terus belajar, usaha keras mencapai sukses, strategi berpikir. Kedua, tema permasalahan patiseri meliputi: Analisis resep, analisis  karakteristik produk dilihat dari variasi bahan, analisis suhu dan produk, pengembangan produk, Ketiga, rancangan manajemen pembelajaran SBT terdiri atas 9 langkah meliputi: 1) menciptakan setting pembelajaran; 2) mahasiswa merancang usaha mewujudkan setiap perilaku SBT; 3) mengenal masalah patiseri; 4)  bekerja dalam tim untuk mengurai masalah; 5) brainstorming; 6) menemukan bukti empiris secara individu; 7) mengkaji literature; 8) diskusi dan berdebat dalam tim; dan 9) presentasi hasil.

 



Keywords


Patiseri, manajemen PBL, soft skills,

Full Text:

PDF

References


Lavy I dan Yadin A 2013 Soft skills – an important key for employability in the “shift to a service driven economy” era International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning 3 416

Trilling B dan Fadel C 2009 21st century skills: learning for life in our times (San Fransisco: Jossey-Bass A wiley Imprint)

Bosley D S 2007 The impact of “soft skills” in the information-knowledge management UNC GA Academic Plannng: UNC Voluntary Accountability Plan and Performance Measure

Tan O S 2009 Problem-based learning and creativity (Singapura: Cengange Learning Asia Pte Ltd)

Dikti 2010 Rencana Strategis 2010-2014 Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan)

Kyriacon C 2007 Essential teaching skills. (Chektenham United Kingdom: Nelson Thornes LTD)

Jordan E A dan Porath M J 2006 Educational psychology A problem –based approach (United States of America: Pearson Education, Inc)

Borg R W dan Gall D M 1983 Educational research (New York: Logman inc)

Hamidah S 2011 Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi bagi siswa SMK Program Studi Tata Boga Kompetensi Keahlian Jasa Boga. (Disertasi UNY)

Jonassen D H 2011 Learning to solve Problem. A Handbook for desaining problem solving environments (New York: Routledge)

Hui Y H editor 2006 Bakery products scince and technology (Iowa: Blackwell Publishing)

Cauvain S P dan Young L S 2006 Baked products: Science, Technology and Practice (Victoria: Blackwell Publishing editoral LTD)

Rahayu R, Endang W, dan Laksono FX 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning di SMP Jurnal Kependidikan 45 (2) 31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Hamidah, Sri Palupi, Yuriani Yuriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats