Pentingnya Memahami Cybergogy bagi Guru Milenial dalam Menghadapi Perubahan Era Transformasi Digital

Noor Widijantoro, , Indonesia
Muhammad Saiful Anwar, , Indonesia

Abstract


Artikel ini menjelaskan pentingnya memahami cybergogy bagi guru milenial dalam menghadapi transformasi digital. Guru merupakan ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bansa. Strategi pendekatan yang dilakukan oleh guru akan menentukan kesuksesan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Perkembangan era transformasi digital juga berdampak pada persekolahan. Pada saat ini, peserta didik lahir sudah dikelilingi oleh kemutakhiran teknologi digital dan internet, begitu pula dengan guru yang mengajarnya. Oleh karena itu, guru generasi milenial akan mengajar peserta didik yang juga lahir dikelilingi oleh perkembangan teknlogi informasi, maka diperlukan strategi pembelajaran yang juga memanfaatkan media digital yang disebut dengan istilah cybergogy. Metode pembahasan dalam artikel ini menggunakan kajian literatur atau studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa, bagi guru milenial memiliki kompetensi terhadap penguasaan teknologi digital dan internet, merupakan sebuah keharusan. Karena dengan menguasai media pembelajaran tersebut akan menjadi salah satu alternatif solusi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Hal ini, sangat erat karena potret perilaku peserta didik saat ini, sangat dekat dengan penggunaan teknologi digital.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Potret Sensus Penduduk 2020. https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020

Brasca, C., Kaithwal, N., Krishnan, C., Lam, M., Law, J., & Marya, V. (2022). Using machine learning to improve student success in higher education. McKinsey Public & Social Sector Practice, 7 April. https://www.mckinsey.com/industries/education/our-insights/using-machine-learning-to-improve-student-success-in-higher-education

Bryant, J., Child, F., Dorn, E., & Hall, S. (2020). New global data reveal education technology’s impact on learning. Mckinsey & Company, June, 1–10.

Cai, S., Wang, X., & Chiang, F. K. (2014). A case study of Augmented Reality simulation system application in a chemistry course. Computers in Human Behavior, 37, 31–40. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.018

Claudio, S., Sirois, J., Owen, K., Marya, V., Krishnan, C., & Brasca, C. (2022). How technology is shaping learning in higher education. McKinsey & Company, June, 1–9. https://www.mckinsey.com/industries/education/our-insights/how-technology-is-shaping-learning-in-higher-education

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Curran, E., & Murray, M. (2008). Transformative learning in teacher education: building competencies and changing dispositions. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 8(3), 103–118.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Emma, D., Bryan, H., Jimmy, S., & Ellen, V. (2021). COVID-19 and education: An emerging K-shaped recovery. McKinsey & Company, December, 15.

Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learneing Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(April), 68–76.

Fatmawati, E. (2022). Praktik Sosial Pemustaka Digital Natives : Dalam Bingkai Konsumerisme Ruang Perpustakaan. Deepublish.

Fauzi, M. S., Wulandari, F., Nurkhairina, & Abdiyah, L. (2021). Ensiklopedia Tematik Teori-Teori Pendidikan (I. Machali & M. S. Fauzi (eds.)). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Suka.

Girsang, M. L., Silalahi, M., Nainggolan, M. F., & Wahyuni, N. S. (2020). Kendala Guru Dan Siswa Dalam Menerapkan Sistem Belajar Online Pada Masa Covid-19 Di SDN101747 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 37–46.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi Serta Implikasinta Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22, 65–71.

Jayani, D. H. (2022). Mayoritas Guru di Indonesia Generasi Milenial. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/pendidikan/statistik/d2cc084660f1cfa/mayoritas-guru-di-indonesia-generasi-milenial

Jazeel, A. M. (2020). A Study on Perception of Teacher Trainees on Cybergogy in Sri Lankan Government Teachers’ Training Colleges. In Journal of Social Welfare and Management (Vol. 12, Issue 2). https://www.researchgate.net/profile/Am-Jazeel/publication/344650171_A_Study_on_Perception_of_Teacher_Trainees_on_Cybergogy_in_Sri_Lankan_Government_Teachers’_Training_Colleges/links/5f86d8dfa6fdccfd7b5fd872/A-Study-on-Perception-of-Teacher-Trainees-on-Cy

Khobir, A. (2017). Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin. Edukasia Islamika, 2(2), 172–190.

Kurniawan, B. D. (2011). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Kota Yogyakarta. Journal of Government and Politics, 2(2), 259–278. https://doi.org/10.18196/jgp.2011.0015

Lee, K., & Brett, C. (2015). Dialogic understanding of teachers’ online transformative learning: A qualitative case study of teacher discussions in a graduate-level online course. Teaching and Teacher Education, 46, 72–83. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.11.001

Mas`udah, L. (2021). Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran PAI Pada Masa Belajar Dari Rumah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(1), 1–15.

Meijer, M. J., Kuijpers, M., Boei, F., Vrieling, E., & Geijsel, F. (2017). Professional development of teacher-educators towards transformative learning. Professional Development in Education, 43(5), 819–840. https://doi.org/10.1080/19415257.2016.1254107

Muresan, M. (2013). A Blended Learning System within the Cybergogy Paradigm. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 193–198. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.833

Muresan, M. (2014). Using Cybergogy and Andragogy Paradigms in Lifelong Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4722–4726. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1015

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Musthofa, T., & Sya’dullah Fauzi, M. (2021). Cybergogy Paradigm in Arabic Language Learning At Islamic Universities During the Covid-19 Pandemic. Journal of Arabic Studies, 6(2), 135–145. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v6i2.390

Nur, A., A. (2014). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72.

Nurmitasari, N., & Putri, D. A. (2021). Media Pembelajaran Gempytha Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi. JURNAL E-DuMath, 7(2), 58–70.

Perni, N. N. (2019). Kompetensi Pedagogik Sebagai Indikator Guru Profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 175. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1122

Prasojo, L. D., Wibowo, U. B., & H, A. D. (2017). Manajemen Kurikulum Program Profesi Guru Untuk Daerah Terdepan, Terluar, Dan Tertinggal. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 39–53.

Pristifona, D. (2021). PPHCn Learning strategy. Https://Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Pphcn-Learning-Strategy/.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100.

Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(1), 53–57.

Rahma, R. A., Sucipto, Affriyenni, Y., & Widyaswari, M. (2021). Cybergogy as a digital media to facilitate the learning style of millennial college students. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(2), 223–235. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i2.5691

Scopes, L. (2011). A Cybergogy of Learning Archetypes and Learning Domains: Practical Pedagogy for 3D Immersive Virtual Worlds. In R. Hinrichs & C. Wankel (Eds.), Transforming Virtual World Learning (Vol. 4, pp. 3–28). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S2044-9968(2011)0000004005

Septianisha, N. I., Anggraeni, K. D., & ... (2021). Cybergogy: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Matematika. ProSANDIKA …, 153–164. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/554

Taylor, I. (2007). Discretion and control in education: The teacher as street-level bureaucrat. Educational Management Administration & Leadership, 35(4), 555–572. https://doi.org/10.1177/1741143207081063

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (1994). Pengantar Pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.

W, R. W. A., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241

Wang, M., & Kang, M. (2006). Cybergogy for engaged learning: A framework for creating learner engagement through information and communication technology. Engaged Learning with Emerging Technologies, 225–253. https://doi.org/10.1007/1-4020-3669-8_11

Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Peluang dan Tantangan Guru Sosiologi dalam Menghadapi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Revolusi Industri 4.0. Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v15i2.79859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats