Pengembangan media film pendek untuk pencegahan pelecehan seksual pada siswa Madrasah Aliyah Negeri
Abstract
Pelecehan seksual merupakan salah satu perilaku yang darurat untuk dicegah karena berdampak besar bagi korban, salah satunya adalah dampak traumatis yang mendalam bagi korban. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media film pendek yang layak dan efektif untuk pencegahan pelecehan seksual bagi siswa. Metode dalam penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D yang berisi define, design, develop, dan disseminate. Hasil dalam penelitian ini berdasarkan uji kelayakan dua validator media dan dua validator materi dinyatakan “sangat layak”. Berdasarkan hasil penilaian oleh guru bimbingan dan konseling, media film pendek juga dinyatakan “sangat layak”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan terhadap siswa MAN dianalisis menggunakan Uji-T terdapat peningkatan hasil antara pretest dengan postest sebesar 31.283. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media film pendek dinyatakan layak dan efektif untuk pencegahan pelecehan seksual.
Kata kunci: film pendek, pelecehan seksual, pengembangan, siswa, Madrasah Aliyah Negeri
Full Text:
PDFReferences
Agung, D., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2022). The Effectiveness of Learning Story Writing
Through to Using of Short Film Media Based on The Linktree Application for Fourth Grade
Elementary School Students. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 1, 56-62.
Alves, P., & Pereira, A. S. (2020). Short Film Production in Educational Contexts: Exploring the
methodology of the Olhar pela Lente project in Portugal. Film Education Journal, 3(1).
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita
Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-
http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini:" My Bodies Belong to Me". Early
Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 77-86.
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736
Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media dalam Implementasi Bimbingan dan
Konseling di Sekolah. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 1(1),
-107.
Biagi, S. (2010). Media Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube
terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Dewi, E. Y. R. S., Winata, M. G., & Sakerebau, E. Y. (2020). Perspektif Gender dalam Putusan
Pengadilan Pada Kasus Pelecehan Seksual. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 22(2), 345-362.
https://doi.org/10.24815/kanun.v22i2.14080
Dewi, I. A. A. (2017). Catcalling: Candaan, Pujian atau Pelecehan Seksual. Acta Comitas,
(2), 198-211. https://doi.org/10.24843/AC.2019.v04.i02.p04
Efianingrum, A. (2010). Pengarusutamaan Hak Anak di Sekolah untuk Mencegah
Kekerasan. FOUNDASIA, 2(10).
Martin, J., Riazi, H., Firoozi, A., & Nasiri, M. (2018). A Sex Education Programme for Mothers in
Iran : Does Preschool Children’s Sex Education Influence Mothers Knowledge and
Attitudes?. Taylor and Francis Journal: 1811, 1–12. https://doi.org/10.1080/14681811.201
1428547
Mayer, R. E., Fiorella, L., & Stull, A. (2020). Five Ways to Increase The Effectiveness of
Instructional Video. Educational Technology Research and Development, 68(3),
-852. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6
Nugraini, S. H. (2021). Perancangan Film Pendek “Simbah” sebagai Media Pembelajaran pada Mata
Kuliah Audio Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2),
-410.
Permata, S., & Avianto, L. (2019). Strategi Komunikasi Pencegahan Korupsi Melalui Film Pendek.
Ekspresi dan Persepsi Jurnal Ilmu Komunikasi, 44-58.
Salamor, A. M., Mahmud, A. N. F., Corputty, P., & Salamor, Y. B. (2020). Child Grooming Sebagai
Bentuk Pelecehan Seksual Anak Melalui Aplikasi Permainan Daring. Journal SASI, 26(4),
-499. https://doi.org/10.47268/sasi.v26i4.381
Setiawan, A. I. B., & Suwarjo, S. (2023). A Short Film for The Prevention of Sexual Harassment:
The Final Product Evaluation. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and
Counseling, 4(1), 12-19.
Sofyan, S., Habibi, A., & Hendra, R. (2023). Development of Short Film Based on Local Culture for
P5 In the implementation of The Independent Curriculum. Indonesian Journal of
Educational Development (IJED), 4(3), 353-365.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.
A sourcebook.
Wager, J., Stahlschmidt, L., Heuer, F., Troche, S., & Zernikow, B. (2018). The Impact of a Short
Educational Movie on Promoting Chronic Pain Health Literacy in School: A Feasibility
Study. European journal of pain, 22(6), 1142-1150.
Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan
Seksual Anak (KSA). Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(1),
-82. 10.24235/prophetic.v2i1.4751
DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v15i1.72410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.