Penguatan Resiliensi Personal Anak Usia Sekolah di Kawasan Marjinal Kota Yogyakarta

Evi Rovikoh Indah Saputri, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariefa Efianingrum, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Siti Irene Astuti Dwiingrum, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riana Nurhayati, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amrih Setyo Raharjo, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penguatan resiliensi personal anak usia sekolah di kawasan marjinal Kota Yogyakarta mendesak untuk dilakukan. Hal ini didasarkan pada fenomena kesenjangan akses maupun kualitas pendidikan sebagai issue penting dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan resiliensi personal anak usia sekolah di Kawasan Bong Suwung dalam mengakses layanan pendidikan serta rekomendasi untuk mengurangi tantangan yang ada. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Berdasar hasil penelitian penguatan resiliensi personal anak usia sekolah di kawasan marjinal kota Yogyakarta masih belum optimal dilihat dari rendahnya akses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini dipengaruhi oleh faktor kurang dukungan dan kemiskinan orang tua serta lingkungan. Rekomendasi yang ditawarkan berupa intervensi psiko-sosial untuk penguatan resiliensi personal anak usia sekolah melalui dukungan sosial, terutama dari keluarga yang menjadi faktor paling penting.


Full Text:

PDF

References


Afiatin T. (2018). Psikologi dan Keluarga Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearfian Lokal. PT. Kanisius.

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444

Asif, M., Fauzi, N., Suryadi, T., Fatkhullah, F. K., Saefurridjal, A., Kholil, S. S., Pasuruan, S., Maritim, A., & Jakarta, P. (2023). Sosiologis dalam Strategic Planning Pendidikan. Foundasia, 14(1), 2023–2055. https://doi.org/10.21831/foundasia

Astuti Dwiningrum, S. I., Prihastuti, & Suwarjo. (2017). Social Capital and School Resilience for Disaster Mitigation Education in Yogyakarta Schools. Jurnal Kependidikan, Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 36–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jk.v1i1.10091

detikNews. (2021). Kurikulum dan Kesenjangan Pendidikan. News.Detik.Com. https://news.detik.com/kolom/d-5873029/kurikulum-dan-kesenjangan-pendidikan

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). Suara Dari Marjin: Literasi sebagai Praktik Sosial (Issue July). Remaja Rosdakarya.

Hersumpana, & Purwanto, B. (2014). Sejarah Sosial Bong Suwung Yogyakarta [Universitas Gajah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/78052

Jirong, Y. (2010). Community Governance and Social Capital Investmen: a Theoretical Explanation of Community Governance Innovation in China. Tianjin Social Science, 3(3), 59–64. https://doi.org/DOI:10.16240/j.cnki.1002-3976.2010.03.010

Kemdikbud.go.id. (2018). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kinanthi, M. R., Grasiaswaty, N., & Tresnawaty, Y. (2020). Resiliensi Pada Mahasiswa di Jakarta: Menilik Peran Komunitas. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 249–268. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3449

Litina, A., Moriconi, S., & Zanaj, S. (2016). The Cultural Transmission of Environmental Values: A Comparative Approach. World Development, 84, 131–148. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2016.03.016

Masten, A. S. (2011). Resilience in Children Threatened by Extreme Adversity: Frameworks for Research, Practice, and Translational Synergy. Development and Psychopathology, 23(2), 493–506. https://doi.org/10.1017/S0954579411000198

Mawarpury, M., & Mirza, M. (2017). Resiliensi Dalam Keluarga: Perspektif Psikologi. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(1), 96. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1829

Nations, U. (n.d.). Take Action for the Sustainable Development Goals - United Nations Sustainable Development. Retrieved December 14, 2023, from https://www.un.org/sustainabledevelopment/sustainable-development-goals/

Norris, F. H., Sherrieb, K., & Pfef, B. (2011). Community Resilience: Concept, Assesment, and Implications for Intervention. In S. M. Southwick, B. Litz T, D. S. Charney, & M. J. Friedman (Eds.), Resilience and Mental Health: Challenges Across the Lifespan (pp. 162–175). Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9780511994791.013

Norris, F. H., Stevens, S. P., Pfefferbaum, B., Wyche, K. F., & Pfefferbaum, R. L. (2008). Community Resilience as a Metaphor, Theory, Set of Capacities, and Strategy for Disaster Readiness. American Journal of Community Psychology, 41(1–2), 127–150. https://doi.org/10.1007/s10464-007-9156-6

Novianti, R. (2018). Orang Tua Sebagai Pemeran Utama dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/5101/4780

Qin, Z., & Qingli, S. (2021). Resilient Governance: a New Path for the Development of Grassroots Community Governance in the New Era. Theoretical Discussion, 5, 152–160. https://doi.org/DOI:10.16240/j.cnki.1002-3976.2010.03.010

Ruan, M. (2022). A Study of the Factors Influencing Community Resilience: Based on Social Capital, Knowledge Sharing and Place Attachment. Advances in Economics and Management Research, 2(1), 147. https://doi.org/10.56028/aemr.2.1.147

Sippel, L. M., Pietrzak, R. H., Charney, D. S., Mayes, L. C., & Southwick, S. M. (2015). How Does Social Support Enhance Resilience in the Trauma-Exposed Individual? Ecology and Society, 20(4). https://doi.org/10.5751/ES-07832-200410

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Life Long Learning: Policies, Practice, and Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71

Sulaeha. (2017). Pandangan Keluarga Pemulung Terhadap Pendidikan Formal di Kecamatan Sinjai Utara KAbupaten Sinjai. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6706-Full_Text.pdf

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Taylor, B., & Brenden. (2012). Searching for New Life: How Children Enter and Exit the Street in Indonesia [University of Victoria]. https://dspace.library.uvic.ca/handle/18 28/5958

Ungar, M. (2011). The Social Ecology of Resilience: Addressing Contextual and Cultural Ambiguity of a Nascent Construct. American Journal of Orthopsychiatry, 81(1), 1–17. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2010.01067.x

Windle, G., & Bennet, K. M. (2012). Caring Relationships: How to Promote Resilience in Challenging Times. The Social Ecology of Resilience: A Handbook of Theory and Practice, 219–231. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/978-1-4614-0586-3_18




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.65769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats