Analisis Dampak Fenomena “Zoom Fatigue” di Masa COVID-19 Pada Anak Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring: Studi Literatur

Noerul Hanin, Universitas Tanjungpura
Ahmad Cahyono Adi, Universitas Tanjungpura

Abstract


Covid-19 telah mengakibatkan proses belajar mengajar yang semula dilakukan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah penularan Covid-19. Proses pembelajaran jarak jauh diterapkan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Pada tingkat sekolah dasar, proses pembelajaranjarak jauh dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan media online seperti whatsapp, google classroom, hingga video conference  seperti zoom. Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan mengenai kondisi siswa SD ketika belajar daring membuat siswa mudah marah dan menjadi malas. Fenomena ini mengindikasikan “Zoom Fatigue” yang mulai dialami oleh anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fenomena “Zoom Fatigue” yang dialami oleh anak sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan studi literatur yang memanfaatkan penelitian-penelitian terdahulu sebagai referensi dan melakukan kompilasi serta analisis untuk mendapatkan informasi mengenai “Zoom Fatigue” pada anak sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dipaparkan secara deskriptif dengan menjawab persoalan-persoalan “Zoom Fatigue” pada anak sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh yang diterapkan.


Full Text:

PDF

References


Altuntas, F., & Gok, M. S. (2021). The effect of COVID-19 pandemic on domestic tourism: A dematel method analysis on quarantine decisions. International Journal of Hospitality Management, 92, 102719.https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.1027 19.

Arybah, N. L., Rahmah, N. A. D., dan Nurchaliza, R. Z. (2021). Eksplorasi kesadaran pelajar/mahasiswa terhadap zoom fatigue di masa pandemi. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 176-183.

C. R. Wolf, “Virtual Platforms Are Helpful Tools but Can Add to Our Stress | Psychology Today,” Psychological Today, May 14, 2020. https://www.psychologytoday.com /intl/blog/the-desk-the-mentalhealth-lawyer/202005/virtualplatforms-are-helpful-tools-canadd-our-stress (diakses pada 2 Januari 2022).

Camila, A. S., Fadila, R. Z., Salsabilla, R. D., dan Rakhmawati, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Kondisi Daring Terhadap Zoom Fatigue yang Dialami Mahasiswa Semasa Pandemi Covid-19. Information Management for Educators and Professionals, 6(1), 31-42.

Cao, W., et al. (2020). The Psychological impact of the COVID-19 Epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287(March 20, 2020), 1–5.

Desmita, D. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 No. 1 April 2020 : 56-61. Universitas Kristen Satya Wacana. https://edukatif.org/index.php/edukatif /index.

Fadilah.Nur. (N.D.). (2021).”Pusaran Covid-19”. Catatan Para Analisis Muda (Usman (Ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.

Fatimah, D., Chan, F., & Sofwan, M. (2021).Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Fauville, G., Luo, M., Queiroz, A. C. M., Bailenson, C. M., dan Hancock, J. (2021). Zoom Exhaustion & Fatigue Scale. Computers in Human Behavior Reports, 4(100119), 1-10.

Fey.CNNIndonesia.(n.d.-b). 65 Kampus Kuliah Dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas.Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65- kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas.diakses pada Juni 2020.

Firman & Sari.(2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Fitri, A., dan Saniya. (2022). Sindrom zoom fatique pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Al-Asalmiya Nursing, 11(2), 171-177.

Handarini Ika Oktafia.(2020).” Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3 : 496-503.

Hasanah, dkk.2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19.JurnalPendidikan.Volume 1 No.1.

Hidayati, F. R., dan Irwansyah. (2021). Avoiding Zoom Fatigue: The Uses and Gratifications on Social Media. 9(1), 95-104.

Ihwanah, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Era Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education at Elementary School.Vol. 1(2): 44-51.

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress Dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Jiang, M. (2020). The reason Zoom calls drain your energy – BBC Worklife. BBC.

Kartiningsih, Eka Diah.(2015).” Panduan Penyusunan Studi Literatur”. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto.

Kurtandi Saraswati Vebiola Dina.(2020).” Zoom Fatigue dan Keberfungsian Sosial Di Kalangan Mahasiswa”.Journal of Social Sciences and Politics Vol.7 No.2 :72-79.

Malik, A. (2020). Correlates of social media fatigue and academic performance decrement A large cross-sectional study, 1707837. https://doi.org/10.1108/ITP-06-2019-0289.

Purba, S. D., Sijabat, F., dan Amila. (2022). Pembelajaran daring, stres dan zoom fatigue pada mahasiswa D-III Keperawatan selama pandemi covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 5(2), 110-118.

Pustikasai, A., dan Fitriyani, L. 2021.Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol. 13(1): 25-37.

Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi covid-19: Peran neuroticism, kelebihan informasi, invasion of life dan kecemasan. Jurnal Psikologi Sosial.

Rahma Nur Fatimah, Wulandari Fransisca, Husna Ul Difa.(2021).” Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar”.Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 :2470-2477.

Riany, Y. E. (2020). Mengelola Kesehatan Mental Siswa Di Masa Pandemi.Media Indonesia.Https://Mediaindonesia.Com/Opini/359889/Mengelola-Kesehatan-Mental-Siswa-Di-Masa-Pandemi.

Salim, J., et al. (2022). Zoom fatigue and its risk factors in online learning during the COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 31(1), 13-19.

Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah Dan Solusi. Penerbit Adab.

Setiawati, S. R., Pinakesty, A., Fasda, B., Ratnasari, E., dan Paridi, R. (2022). Zoom fatigue: waspadai zoom fatigue di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 2(1), 48-52.

Shabrina, P. A. (2022). Gambaran keberfungsian sosial pada mahasiswa yang mengalami zoom fatigue. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 200-214.

Suhandi, A., & Pamela, I. S. (2020). Dampak Musim Libur Covid-19 Belajar Dari Rumah Terhadap Psikologi Anak Sekolah Dasar Andi Suhandi 1 , Issaura Sherly Pamela 2 12). 5(2), 207–218.

Urbayatun. Siti, D. (2019). Kesulitan Belajar Dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak (Implementasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar). K-Media.

Wahyuni, D., Octaviana, F., dan Wahyuni, S. (2022). Online Learning Media Fatigue pada Siswa SMP selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2962-2970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2497.

Wargadinata Wildana, Maimunah Iffat, Devi Eva, Rofiq Zainur.(2020).” Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic”. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 5 : 141-153.

Wolf, C.R. 2020. Virtual Platfroms Are Helpful Tools but Can Add to Our Stress Psychology Today. Psychological Today.

Wong, G. L. H., Wong, V. W. S., Thompson, A., Jia, J., Hou, J., Lesmana, C. R. A., Susilo, A., Tanaka, Y., Chan, W. K., Gane, E., Ong-Go, A. K., Lim, S. G., Ahn, S. H., Yu, M. L., Piratvisuth, T., & Chan, H. L. Y. (2020). Management of patients with liver derangement during the COVID-19 pandemic: An Asia Pacific position statement. The Lancet Gastroenterology and Hepatology, 5(8), 776–787.

Yudhawati, N. L. P., Made, D. A., dan Desak, S. M. (2022). Pengaruh hipnosis lima jari (H5J) dan relaksasi otot progresif (ROP) terhadap zoom fatigue siswa SMK Kesehatan Bintangpersada Denpasar selama pandemi covid -19. Journal of Nursing Care & Biomolecular, 7(2), 108-113.

Zaini,M., danSupriyadi. Zoom in fatigue pada mahasiswa keperawatan selama periode pandemic covid-19. JI-KES : Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1),64-70.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.59094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats