PERAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK

WIWIK WIJAYANTI,

Abstract


Pendidikan TK merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini. Menurut berbagai hasil penelitian, usia dini (0-8 tahun) merupakan masa peka yang amat penting bagi pendidikan anak. Pada masa tersebut tempaan akan memberi bekas yang kuat dan tahan lama. Kesalahan menempa memiliki efek negatif dalarn jangka panjang yang sulit diperbaiki. Saat yang paling baik bagi seorang anak untuk memperoleh pendidikan yang pas disebut masa peka (golden age) yaitu usia dini.

Mengingat betapa pentingnya pendidikan anak sejak dini, maka penyelenggaraan pendidikan usia dini harus direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi dengan baik. Tugas pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini dapat dikatakan tidak ringan ketika merefleksi bahwa usia dini adalah saat yang tepat untuk menempa. Pengelola harus dapat memberdayakan segala sumberdaya yang dimiliki dapat mencakup siswa, kurikulum, pegawai, sarana prasarana, biaya, dan hubungan TK dengan rnasyarakat. Ketika semua sumberdaya yang ada dikelola dengan baik, direncanakan dengan akurat, dilaksanakan dengan tepat dan diawasi dengan ketat maka efisiensi dan efektifitas pendidikan akan tercapai.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats