LANDASAN FILSAFAT MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN DI INDONESIA

RUKI YATI,

Abstract


Ilmu pendidikan dan pendidikan di Indonesia memang menunjukkan perkembangan yang tidak selalu seiring sejalan. Dapat dikatakan bahwa praktik pendidikan yang dilakukan berjalan dalam keadaan "business as usual". Secara filosofis, pendidikan di Indonesia berdasarkan filsafat Pancasila Faktanya, pendidikan dilndonesia berlangsung selama ini tanpa pernah dipersoalkan landasan teoritiknya. Artinya, ilmu pendidikan kurang dikembangkan di Indonesia.

Pendidikan di Indonesia dijalankan dengan lebih banyak meminjam (borrowing) atau mencangkok ide-ide (teori) dan praktik pendidikan dari luar tanpa memperhatikan konteks sosio-kultural masyarakat Indonesia dan nilai-nilai khas Indonesia Pendidikan dengan cara mencangkok tampaknya lebih disukai oleh para pengambil kebijakan clan praktisi pendidikan di Indonesia. Sebenarnya, fenomena pencangkokan sistem, metode, model pendidikan merupakan gejala umum yang terjadi di mana-mana, bukan hanya Indonesia. Tetapi, bila tidak ditindaklanjuti dengan upaya "pribumisasi" berbagai teori dan praktik yang diambil tersebut, maka praktik pendidikan berjalan tanpa arah yang jelas. Oleh sebab itu ilmu pendidikan yang berciri khas Indonesia perlu dikembangkan terus.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v2i10.5840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats