INTERNALISASI LANDASAN TEOLOGIS, FILOSOFIS, PSIKOLOGIS, DAN SOSIOLOGIS DALAM STRATEGIC PLANNING PENDIDIKAN

M. Asif Nur Fauzi, Stebi Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan, Indonesia
Toto Suryadi, Akademi Maritim Pembangunan Jakarta, Indonesia
Faiz Karim Fatkhullah, Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Achmad Saefurridjal, Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan kredibilitas satuan pendidikan dimasyarakat yang ditandai adanya tindakan penyimpangan dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pentingnya internalisasi landasan teologi (agama), landasan filosofi, landasan psikologis, landasan sosiologis dalam strategic planning pendidikan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode library research. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa internalisasi teologis (agama) dalam strategic planning dilakukan berdasarkan unsur dalam mencari ilmu (nadzoman dalam kitab alala) dan instrospeksi diri dalam surat al hasyr 58. Internalisasi landasan filosofis dalam Strategic planning didasarkan pada filosofi rekonstruksionisme progresivitas lembaga pendidikan dengan mengacu pada pandangan empirisme, rasionalisme, dan idealisme. Internalisasi landasan psikologis dilakukan dengan memanusiakan manusia dalam proses formulasinya menyangkut masa depan warga sekolah seperti peserta didik, guru, dan stakeholder. Internalisasi landasan sosiologis dalam Strategic planning yakni dengan menyelaraskan pengelolaan pendidikan dengan konteks masyarakat.

Kata Kunci: internalisasi, landasan teologi, filosofis, psikologis, sosiologis, strategic planning pendidikan


Full Text:

PDF

References


arbainsyah, fauzi, a., mighwar, m. al, & nurjaman, u. (2022). perencanaan strategis pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. al-afkar, 5(1), 72–86. https://al-afkar.com/index.php/afkar_journal/article/view/237/130

firmansyah, d., & dede. (2022). teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: literature review. jurnal ilmiah pendidikan holistik (jiph), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

hajaroh, m. (2018). pohon teori evaluasi kebijakan dan program (metode, nilai dan menilai, penggunaan). foundasia, 9(1).

ichsan, f. n., & hadiyanto, h. (2021). implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. jurnal studi guru dan pembelajaran, 4(3), 541–551.

jawapos.com. (2021). kekurangan {murid}, {banyak} {sekolah} {negeri} {gulung} {tikar}. jawa pos. https://www.jawapos.com/pendidikan/02/05/2018/kekurangan-murid-banyak-sekolah-negeri-gulung-tikar

marita sari, d. (2019). pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional. at turots: jurnal pendidikan islam, 1(2). https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13

novianto, e. (2021). konsep filsafat ilmu barat. jurnal an-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 161–183.

prihatin, d. (2019). teori perencanaan. buana grafika, 148.

salam, a. (2022). dasar filosofis perencanaan dalam pendidikan. tafahham, 1(1).

santika, i. g. n. (2017). kepala sekolah dalam konsep kepemimpinan pendidikan: suatu kajian teoritis. widya accarya, 7(1).

sholikhah, e. (2019). peminjaman kebijakan (policy borrowing) untuk perencanaan pendidikan. foundasia, 10(1).

siswoyo, d., sukardi, j. s., & efianingrum, a. (2018). transformasi nilai-nilai inti budaya dalam perbaikan sekolah. foundasia, 9(1).

suja’i, a. (2018). prinsip-prinsip perencanaan pendidikan dalam perspektif al-qur’an. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 11(2). https://doi.org/10.24042/ijpmi.v11i2.3772




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i1.58292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats