APLIKASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING

Ningsih Ningsih, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Flores, Indonesia

Abstract


Sebagai sarana komunikasi, bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan juga dalam kelas. Namun dalam kegiatan kelas, siswa sering merasa sulit untuk memahami teks, karena topik baru yang dibawa oleh guru tidak memiliki keterkaitan dengan pengetahuan mereka sebelumnya. Konstruktivisme adalah pendekatan yang menunjukkan bahwa pembelajaran lebih efektif dan bermakna ketika siswa mampu berinteraksi dengan masalah atau konsep. Contoh pembelajaran dengan menggunakan prinsip teori belajar konstruktivisme adalah gagasan pembelajaran bahasa kolaboratif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis tugas dan permainan peran.

 

Kata Kunci: Konstruktivisme, Teori belajar, Bahasa asing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats