Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika
Davet Nur Alviyan, Univeristas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Tri Astuti Arigiyati, Univeristas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Krida Singgih Kuncoro, Univeristas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan unsur-unsur matematika (etnomatematika) pada bangunan Umbul Binangun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang dipakai adalah data yang didapat dari studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun. Sedangkan literatur dan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada bangunan Umbul Binangun. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat unsur-unsur matematika (etnomatematika) pada bangunan Umbul Binangun, yaitu konsep persegi panjang, lingkaran, belah ketupat, dan garis sejajar. Melalui kegiatan mengamati bangunan Umbul Binangun dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika menjelaskan bahwa unsur budaya dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
Ethnomathematics at Umbul Binangun Building for geometry learning
Abstract
This research was conducted to find mathematical elements (ethnomathematics) in the Umbul Binangun building. The research method used in this research is a qualitative method with an ethnographic approach. The data used are data obtained from literature studies, observation, documentation, and interviews. Observation and documentation are used to identify ethnomathematics in the Umbul Binangun building. Meanwhile, literature and interviews are used to read more deeply about the cultural values that exist in the Umbul Binangun building. This study's results show elements of mathematics (ethnomathematics) in the Umbul Binangun building, namely the concept of rectangles, circles, rhombuses, and parallel lines. Observing the Umbul Binangun building in mathematics learning with ethnomathematics explains that cultural elements can be used in learning mathematics
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R., & Panghastuti, T. (2018). Analisis hubungan antara bangunan bersejarah, mitos, budaya masyarakat lokal dengan motivasi wisatawan berkunjung di daya tarik wisata Tamansari Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i1.20
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Andini, D. R., & Rosandini, M. (2017). Pengolahan motif dari inspirasi ornamen Tamansari Keraton Yogyakarta. Atrat : Jurnal Seni Rupa, 5(3), 255–265. Retrieved from https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/344
Ardiwidjaja, R. (2018). Arkeowisata: Mengembangkan daya tarik pelestarian warisan budaya (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Arvisista, A., & Dwisusanto, Y. B. (2020). Transformation of Dalem Spatial Structure Around Jeron Beteng Area, Yogyakarta. Riset Arsitektur (RISA), 4(02), 138–154. https://doi.org/10.26593/risa.v4i02.3802.138-154
Bishop, A. J. (1991). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education (Vol. 6). Dordrecht, The Netherlands: KluwerAcademic Publishers.
Boaler, J. (2016). Mathematical mindsets: Unleashing students’ potential through creative math, inspiring messages and innovative teaching (1st ed.). San Fransisco: Jossey-Bass.
D’Ambrosio, U., & Rosa, M. (2017). Ethnomathematics and its pedagogical action in mathematics education. In Ethnomathematics and its diverse approaches for mathematics education (pp. 285–305). https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_12
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9761
Fitrah, M., & Luthfiyah, L. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Forbes, W. A. (2018). Using ethnomathematics principles in the classroom: A handbook for mathematics educators (Faculty of Education, Brock University). Retrieved from https://dr.library.brocku.ca/handle/10464/13665
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020). Keputusan Gubernur DIY Nomor 100 Tahun 2020 tentang Penetapan Kompleks Pasiraman Umbul Binangun Tamansari Kraton Yogyakarta sebagai Struktur Cagar Budaya Peringkat Provinsi. Daerah Istimewa Yogyakarta.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/483
Irawati, N., Priyanto, S. E., & Kristiutami, Y. P. (2019). Analisis destination branding kawasan wisata Taman Sari melalui metode importance performance analysis. Media Wisata, 17(2), 21–28. https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.299
Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan pembelajaran TPS berbantuan mouse mischief terhadap hasil belajar siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (e-Journal), 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Mardika, I. M. (2019). Warisan budaya sebagai ikon pariwisata dalam rangka Kalimatan Timur menjadi Ibukota Negara. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-2), 57–62. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/372
Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam tarian tradisional pada pembukaan asian games 2018. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 23–28. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif; Cetakan ke 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Naresh, N. (2015). The role of a critical ethnomathematics curriculum in transforming and empowering learners. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de La Educación Matemática, 8(2), 450–471. Retrieved from https://www.revista.etnomatematica.org/index.php/RevLatEm/article/view/197
Nocca, F. (2017). The role of cultural heritage in sustainable development: Multidimensional indicators as decision-making tool. Sustainability, 9(10), 1882. https://doi.org/10.3390/su9101882
Noviandri, P. P., & Sabono, F. (2018). Adaptasi bangunan cagar budaya Tamansari Yogyakarta terhadap perkembangan jaman melalui Soundscape. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 3, 78–86. https://doi.org/10.32315/sem.3.a078
Orey, D. C., & de Oliveira Cortes, D. P. (2020). Unity in differences: Reflections on the doing of ethnomodelling and dialogue through connecting ethnomathematics and modelling. In Ethnomathematics in Action (pp. 197–209). https://doi.org/10.1007/978-3-030-49172-7_11
Pratama, R. N. Y. (2019). Visualisasi Sengkalan Memet Lajering Sekar Sinesep Peksi di Tamansari pada busana Cocktail (Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6348
Prayitno, T. (2019). Mengenal produk nasional batik dan tenun (S. Susilo, Ed.). Semarang: ALPRIN.
Rista, R., Sinangjoyo, N. J., & Damasdino, F. (2019). Membangun imajinasi wisatawan melalui pengalaman perjalanan di kawasan wisata warisan budaya. Media Wisata, 17(2), 103–119. https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.312
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research approach) (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Saputra, H. (2019). Pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap daya serap sswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok di SMP Negeri 2 Sigli. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 13(2). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i60.415
Setiawan, T. B., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika pada Pura Mandara Giri Semeru Agung sebagai bahan pembelajaran matematika. Kadikma, 9(1), 156–164. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i1.8441
Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi (Diindonesiakan oleh Misbah ZE). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suyitno, H. (2020). Ethnomatematika dalam pembelajaran matematika (sebuah kajian reflektif). Makalah dipresentasikan pada Seminar dan Konferensi Etnomatematika II.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking process of concrete student in solving two-dimensional problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128
Yohanes, K., Zaenuri, M., & Budi, W. (2019). Kontribusi etnomatematika sebagai masalah kontekstual dalam mengembangkan literasi matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190–196. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28911
DOI: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ethnomathematics Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ethnomathematics Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |