Pengembangan Poster Variasi Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPN 2 Ngemplak Sleman

Maulana Afif Ramdhoni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Christina Ismaniati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah sistematis pengembangan prototype poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (2) mengetahui kelayakan poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (3) mengetahui kepraktisan poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (4) mengetahui efektivitas poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII SMPN 2 Ngemplak Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prototype poster AR efektif dalam memvisualisasikan konsep tata surya secara interaktif dan menarik; (2) Poster AR dinilai sangat layak dengan perolehan 100% dari ahli materi, 92% dari ahli media, dan 95% dari guru; (3) Poster AR praktis digunakan dengan instruksi yang jelas; (4) Terjadi peningkatan hasil belajar signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test 59,03 dan post-test 91,13. Hal ini membuktikan hasil belajar.


Keywords


poster variasi augmented reality; hasil belajar sains; tata surya

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Bandung). Alfabeta.

Hakim, M. L. (2020). The Development of Interactive Learning Multimedia for Zakat Lesson. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 79-98. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.7251

Nasution, H. (2010). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Ramadhani, S., Asri, E., & Gusman, T. (2021). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pengenalan Komponen Dasar Elektronika Berbasis Android. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(4), 134–140. https://doi.org/10.30630/jitsi.2.4.53

Restika, A. P., Nirwana, H., & Asriyadi. (2021). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran untuk Pengenalan Komponen Total Station. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), 208–214. https://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/sntei/article/view/2866




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.82160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maulana Afif Ramdhoni, Christina Ismaniati

Flag Counter

View My Stats Epistema