Model Pembelajaran Index Card Match Terintegrasi Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Yulia Yulia, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Nur Aqilah Rusdianto, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstract


Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi seorang guru dan 24 siswa (12 laki-laki dan 12 perempuan) tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, setelah itu melakukan analisis terhadap hasil data yang diperoleh dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas pembelajaran guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II, ketiga aspek tersebut meningkat ke kategori baik (B). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa.


Keywords


index card match; hasil belajar; IPAS

References


Adiutami, N. K. E., & Sujana, I. W. (2022). Aplikasi Android berorientasi teori Ausubel pada muatan IPS. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(1), 150-159. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46515

Agus, Suprijono. (2015). Cooperative learning: Teori dan aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Ali, Lukman, & Muhammadong. (2022). Humans: Must and possibility of education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(1), 1-10. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i1.336

Angraeni, F., Fajriyah, H. N., Tabroni, I., & Rahmania, S. (2023). Model index card match: Active students in class on prayer material. Internasional Journal of Integrative Sciences (IJIS), 2(1), 13-20. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i1.3011

Annisah, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Ariani, Sri & Tri Setianingsih.(2018). The effectiveness of using index card match in teaching vocabulary. Journal of English Language Teaching, 5(2), 107-112. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v5i2.2309

Danil, Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal of Education, 2(5), 165-175. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/36855

Devi, M. I. S., Abadi, I. B. G. S., & Agung, A. A. G (2022). Improving students’ science knowledge competence through the implementation of index card match type of cooperative learning model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 696-704. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.54755

Elpina, Mey. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS materi koperasi dan kesejahteraan rakyat Kelas IV SDN Damar Makmur Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 211-234. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4356

Hasan, K., Halik, A., & Eka, N. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika peserta didik Kelas V SD Negeri di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 3-5.

Hasanah, M. (2023). Model pembelajaran index card match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Edupedia, 2(1), 117-126. https://doi.org/10.56855/jpr.v2i1.157

Iverson, B. L., & Dervan, P.B. (2022). Model pembelajaran kontemporer (S. Amalina (Ed.); Cetakan Pe). Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.

Jumriani, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani & Abbas E. W. (2021). Telaah literatur: Komponen kurikulum IPS di sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111

Maryati, Yulia & Subair. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil siswa sekolah dasar kelas empat di Kabupaten Pinrang. Journal of Education, 1(2), 224-230.

Muhammad, N. I., Amran, M., & DH, S. (2021) Hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis IPA siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1), 12-20. https://journal.ilininstitute.com/index.php/dikdasmen/article/view/1080

Nanda, Saputra, M. P. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rahmat. (2018). Perkembangan peserta didik. PT Bumi Aksara.

Rahmanita, N, B., & L. M. K. M. (2023). Analisis penerapan pembelajaran IPAS (ilmu pengetahuan alam dan sosial) pada kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6549-6561. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11904

Rahmawati, I., Budhiretnani, D. A., & Putri, F. K. (2024). Penerapan media index card match untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X-5 di SMAN 1 Ngronggot. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 3, No. 1, pp. 378-382). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4539

Ramdan, Muhammad. (2021). Metode penelitian (A. A. Effendy (Ed.)). Cipta Media Nusantara (CMN).

Rohaeni, M., Mustofa, R. G., Prasetyo, S. A., & Nurhasanah, V. P. (2023). Pembelajaran IPS dalam kurikulum merdeka tingkat satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA Pendahuluan. SINAU: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan pembelajaran, 2(4), 159-168. https://instructionaljournal.com/index.php/sinau/article/view/87

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis kritis materi IPS dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3479

Arikunto, S., & Supardi, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. PT Bumi Aksara.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif. Eureka Media Aksara

Sulistiowati, E. R., Taufiqulloh & Prihatin, Y. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar pemahaman bacaan narrative text peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 3. Journal of Education Research, 5(1), 426-439. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.840

Susanti. (2022). Penerapan model pembelajaran index card match terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 22-36. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.813

Usman, Yulia & Handayani, S. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang interaksi manusia di kelas V SD. JIKAP PGSD, 7(3), 395-403. https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.44374

Wahidah, Y. L., Zulhannan, Z., & Noviyanti, N. (2024). Penerapan strategi index card match berbantu media Power Point untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 327-337. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.366

Widiyono, A., Budiarti, I., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi pembelajaran kooperatif course review horay untuk meningkatkan prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 39-48. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.531

Widodo, S., Rilianti, A. P., Wulida, A. N., Huda, M. M., & Fathoni, A. (2023). Kebijakan kurikulum merdeka dan implementasinya di sekolah dasar. Journal of professional Elemntary Education, 2(2), 176-191. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.48

Wiyayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02) 2100-2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597

Yulia, Israwaty & Ramadani (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar. JUARA SD, 1(2), 86-92. https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37815




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.77635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Amran, Yulia Yulia, Nur Aqilah Rusdianto

Flag Counter

View My Stats Epistema