Interaksi Pembelajaran: Pembaharuan Pembelajaran Pasca COVID-19
Nur Nafisah Ramadhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Zaki Ad Darojat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Retno Rizki Dinarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Perubahan kebiasaan belajar yang awalnya di sekolah menjadi di rumah, kemudian bentuk interaksi yang semula dilakukan di ruang fisik kemudian beralih ke ruang virtual, memerlukan sarana komunikasi yang mendukung antara siswa dan guru. Perubahan ini membawa dampak yang positif di dalam dunia pendidikan. Hal ini membuat sistem pendidikan di Indonesia mengalami percepatan yang cukup signifikan, sesuai dengan konsep pembelajaran abad 21 yaitu 4C (Creative, critical, communication, dan collaboration). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dari bentuk pembaruan interaksi pembelajaran apa saja yang telah disebabkan pasca pandemi COVID-19. Sedangkan luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah memberikan pandangan baru mengenai konsep interaksi pembaruan pembelajaran pasca COVID-19 sehingga hal ini dapat menjadi petunjuk dalam mengatasi tantangan- tantangan yang akan datang di dunia pendidikan kedepannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barus, C. S, A., Latupeirissa, A. N., & Helmi, D. (2023). Implementasi Konsep Pembelajaran dan Karakteristik Peserta Abad 21. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(3), 184-190. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.187
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education. Routledge.
Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Ansychoronous dalam E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149-166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Fajri, I., Yusuf, R., & Yusoff, M. Z. M. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 105-118. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.30
Fajriati, R., Naimah, N., Hibana, H., Putro, K. Z., & Labziah, L. (2022). Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurbal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3877-3888. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1730
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habbibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 115-121. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799
Hamzah, R., Mesra, R., Karo, K. B., Alifah, N., Hartini, A., Agusta, H. G. P., Yusuf, F. M., Subroto, D. E., Febriyanti, F., Santi, Y., Laila, L., Lisarani, V., Ramadhani, M. I., Larekeng. S. H., Tunnoor, S., Hiola, R. B. A., & Pinasti, T. (2024). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Hassan, M. A., Habiba, U., Majeed, F., & Shoaib, M. (2019). Adaptive Gamification in E-Learning based on Student's Learning Styles. Interactive Learning Environments, 29(4), 545-565. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1588745
Hustia, A., Arifai, A., Afrilliana, N., & Novianty, M. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SSPS Bagi Mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2050-2061. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5127
Kurniawan, A., Khasanah, F., Sahib, D. M., Bilferi, S., Muhammadiah, M., Gustiawati, S., & Windayani, M. (2023). Teori Komunikasi Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Mead, G. H., Huebner, D. R., & Joas, H. (2024). Mind, Self, and Society. University of Chicago Press.
Mesiono, M. Handoko, H., Siregar, A. H., & Hamdan, H. (2023). Peran Strategis Teknologi Informasi dan Komunikasi di STIT Al- Ittihadiyah Labuhan Batu Utara. Journal on Education, 5(3), 8362-8375. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1624
Priyanto, A. T. (2023). Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural dalam Perspektif Al-Quran. BIL HIKMAH: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1), 193-210. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.15
Rahmawati, F., & Atmojo, R. (2021). Analisis Media Digital Vidio Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794-2808. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535
Sudaryana, B., & Agusiady, H. R. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Karimah Tauhid, 1(2), 226-223. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7719
UNESCO. (2021). One year into COVID-19 Education Disruption: Where do we Stand? UNESCO, dilihat 24 April 2024. https://www.unesco.org/en/articles/one-year-covid-19-education-disruption-where-do-we-stand
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.77433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wafa Lauhatur Rohmania, Nur Nafisah Ramadhani, Ahmad Zaki Ad Darojad, Retno Rizki Dinarti
View My Stats Epistema