Desain Model Pembelajaran Micro Teaching Inklusif Bagi Mahasiswa Calon Guru Penyandang Disabilitas

Suci Nurpratiwi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abdul Fadhil, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Ahmad Ivan Farhan, SMAN 3 Kabupaten Tangerang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain model pembelajaran micro teaching yang inklusif terhadap mahasiswa calon guru difabel dalam penguasaan empat aspek kompetensi guru dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan dan karakteristik mahasiswa difabel. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan pembelajaran Dick and Carrey. Subjek uji coba penelitian yaitu mahasiswa difabel pada Program Studi Pendidikan Agama Islam sejumlah dua orang. Langkah-langkah pengembangan model yaitu melalui tahapan identifikasi tujuan pembelajaran, analisis karakteristik mahasiswa, identifikasi tujuan dari masing-masing individu, asesmen dan revisi terhadap desain model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran micro teaching inklusif berdasarkan uji kelayakan pada ahli memperoleh skor 81% dalam kategori sangat layak dalam rancangan perencanaan hingga evaluasi pembelajaran. Model pembelajaran diujicobakan kepada mahasiswa mendapat persentase 83% dengan keterangan model pembelajaran menyenangkan, memudahkan mahasiswa dalam memahami pembelajaran, dan tersedianya fasilitas yang memadai bagi mahasiswa disabilitas untuk memahami pembelajaran dan praktik. Respon positif pun ditunjukkan oleh mahasiswa disabilitas maupun mahasiswa non-disabilitas.


Keywords


micro teaching; inklusif; difabel

References


Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/3631/2307

Arikunto, S., & Safruddin, A. (2009). Evaluasi program pendidikan. Bumi Aksara.

Dick, W. (1996). The dick and carey model: Will it survive the decade? Educational Technology Research and Development, 44, 55–63. https://doi.org/10.1007/BF02300425

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). Systematic design of instructional (7th ed.). Pearson.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 207. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hayes, A. M., & Bulat, J. (2017, July). Disabilities inclusive education systems and policies guide for low- and middle-income countries. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/nbk554622/

Illahi, T. (2018, February 19). Pengembangan model pembelajaran pendidikan inklusif melalui program pendidikan yang diindividualisasikan (individualized educational program) dan sistem pendukung (support system). http://teguhillahiwb.blogspot.com/2018/02/pengembangan-model-pembelajaran.html

Loomes, B. (2023). Teaching students with disabilities in inclusive classrooms. https://study.com/resources/inclusive-special-education-classroom

Mikail, A. (2021). Model pendidikan inklusif dalam upaya menyiapkan mahasiswa penyandang disabilitas sebagai calon pendidik profesional. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Resilient Educator. (2023, January 20). Inclusive education for special needs students. https://resilienteducator.com/classroom-resources/inclusive-classrooms-special-needs/

Robiyansah, I. E., Mudjito, & Murtadlo. (2020). The development of inclusive education management model: Practical guidelines for learning in inclusive school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 80–86. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13505

Santoso, S. (2021). Model pendidikan inklusif pendidikan agama islam mahasiswa difabel di perguruan tinggi umum: Studi di Universitas Brawijaya Malang. Universitas Brawijaya.

Sokal, L., Woloshyn, D., & Wilson, A. (2017). Pre-service teachers with disabilities: challenges and opportunities for directors of student teaching in Western Canada. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 8(3), 1–18. https://doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2017.3.7

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (15th ed.). Alfabeta.

Sujatmoko, E. (2010). Hak warga negara dalam memperoleh pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181–211. https://doi.org/10.31078/jk718

Supiyanto, Y., & Dumiyati. (2017). Pengembangan model pembelajaran microteaching berbasis experiential learning untuk meningkatkan keterampilan mengajar. Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3–1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10701/0




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.71900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suci Nurpratiwi, Abdul Fadhil, Ahmad Ivan Farhan

Flag Counter

View My Stats Epistema