Analisis Kesesuaian Implementasi Sintaks Project Based Learning dalam Proses Pembelajaran
Virnanda Zikha Alviani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Deshinta Natasya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aini Rizka Rahmadini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Novi Trilisiana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Model pembelajaran berperan penting dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Pada abad 21 ini pembelajaran yang dibutuhkan adalah pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dinilai tepat untuk diimplementasikan adalah Project Based Learning (PjBL), model pembelajaran bersifat student centered dan dinilai dapat mengakomodasi upaya pengembangan keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 ini. Project Based Learning memiliki sintaks yang terbilang cukup panjang dan jangka waktu pelaksanaannya cukup memakan waktu, sehingga rawan terjadi kesalahan dan ketidaktuntasan dalam pengimplementasian sintaks PjBL, hal ini kemudian menjadi rumusan permasalahan utama yang akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang datanya diperoleh melalui wawancara dan diolah dengan konsep analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Project Based Learning di SMKN 2 Yogyakarta sudah sesuai dengan sintaks PjBL walaupun masih terdapat kekurangan. Namun, metode ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan kemampuan peserta didik jika pelaksanaannya dapat dioptimalkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Emputri, Y., Ambiyar, A., Arwizet, A., & Rahim, B. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika, 1(1), 8-14. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.17
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hakim, L. N. (2013). Ulasan metodologi kualitatif : wawancara terhadap elit. Review of Qualitative Method : Interview of the Elite. 165–172.
Kamdi, W. (2010). Implementasi project-based learning di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 17(1), 98–110. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/322
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative data analysis: A sourcebook of new method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).
Mita, R. (2015). Wawancara sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 2, p. 9). https://media.neliti.com/media/publications/100164-ID-wawancara-sebuah-interaksi-komunikasi-da.pdf
Mohamadi, Z. (2018). Comparative effect of project-based learning and electronic project-based learning on the development and sustained development of english idiom knowledge. Journal of Computing in Higher Education, 30(2), 363–385. https://doi.org/10.1007/s12528-018-9169-1
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan tes hasil belajar matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan untuk siswa kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20, 151–157.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17, 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Samsudi, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran program produktif SMK untuk membentuk karakter kewirausahaan lulusan. Cakrawala Pendidikan, (2), 83117. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2170
Santosa, D. R., Ed, M., Ph, D., & Pendahuluan, A. (2001). Metodologi penelitian linguistik / pragmatik. 21–32.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, U., & Lestari, I. D. (2022). Analisis kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2 SE-Articles). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh akuntabilitas, pengetahuan, dan pengalaman pegawai negeri sipil beserta kelompok masyarakat (POKMAS) terhadap kualitas pengelolaan dana kelurahan di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308–315. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/608/583
Septikasari, R., & Frasandy, N. R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian. In Journal Academia.
Tanujaya, C. (2017). Perancangan standart operational procedure produksi pada perusahaan. 2(April).
Wahono, W. (2014). Kualitas pembelajaran siswa SMK ditinjau dari fasilitas belajar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam metode penelitian. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83-90 https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.63964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Muhibbuddin Muhibbullah, Virnanda Zikha Alviani, Deshinta Natasya, Aini Rizka Rahmadini, Novi Trilisiana
View My Stats Epistema