Pengembangan E-Modul Funteach Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Kompetensi Information Communication and Technology bagi Guru Sekolah Dasar
Risha Setyawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Auliyah Lisyuffah Riuddani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Farah Nabila Nur Afifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Nurwidya Ardiansyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fery Muhamad Firdaus, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustriana, N. 2013. Pengaruh Metode Edutainment dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7(2).
Alifia, Ulfah., Bima, Luhur., Barasa, Arjuni Rahmi., Bima, Luhur., dkk. 2020 Belajar Dari Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Catatan Penelitian SMERU Reseach Institute. Diakses 20 Juli 2021.
Badan Pusat Statistik. 2019. Potret Pendidikan Indonesia: Statistik Pendidikan 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Batubara, H. H. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi operasi bilangan bulat. Muallimuna. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12. Cheung. Lawrence. 2016. Using the ADDIE Model of Intructional Design To Teach
Chest Radiograph Interpretation. Diakses dari laman https://www.hindawi.com/journals /jbe/2016/9502572/abs/ pada 18 Agustus 2021. Kemendikbud. 2020. Survei Guru Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19.
Kuncahyono. 2019. Pengembangan softskill teknologi pembelajaran melalui pembuatan e-modul bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 6 (2): 128 – 139.
Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Nadiem, A. M. 2020. Pemaparan program guru dalam peluncuran merdeka belajar episode 5 tentang “Guru Penggerak.” https://youtu.be/X6vP4AkEsLM.
Niarsa, A. 2013. Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Universitas Negeri Semarang.
Prawiradilaga, Dewi Salma dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Kencana. Jakarta.
Ramly, A. 2020. Kesehatan Jiwa Siswa Saat Pandemi COVID-19 dan Pembelajaran Jarak Jauh. UNICEF. Indonesia.
Rivalina. 2014. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 18 (2).
Satriawan, W. Santika, I. D. Dan Naim, A. 2021. Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1): 1-12.
Save The Children. 2020. Indonesia COVID-19 Rapid Needs Assesment Report April 2020. Save The Children. Jakarta.
Sugihartini, N. Yudiana, K. 2018. ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 15 (2): 277.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukardjo. 2008. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tim Tanoto Foundation. 2018. Modul I - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SD dan MI. Tanoto Foundation. Jakarta
UNESCO. 2011. UNESCO ICT Competency Framework for Teachers. The United Nations Educational : Scientific and Cultural Organization.
UNESCO. 2020. Global Education Coalition, COVID-19 Education Response. Uno, H. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Warsita, B. 2011. Pendidikan Jarak Jauh. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.43898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Epistema
View My Stats Epistema