Pengaruh Hubungan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Mental Peserta Didik

Elen Asti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Menjalani pembelajaran dalam moda daring di tengah era pandemi Covid-19 bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan mudah, terlebih terkait dengan kesehatan mental peserta didik dalam menjalani pembelajaran tersebut. Hal itu akhirnya menyebabkan tekanan psikologis yang akhirnya berisiko mengganggu kesehatan mental terhadap peserta didik terutama dalam menjalani pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan penulisan ini yaitu memaparkan pengaruh apa saja serta relevansi terkait hubungan pembelajaran daring di masa pandemi terhadap kesehatan mental peserta didik, agar menjadi urgensi yang penting untuk dikaji sehingga baik pendidik maupun peserta didik bisa saling memotivasi terhadap kesehatan mental selama pembelajaran daring era pandemi tetap terjaga dengan baik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jika dilihat dari sisi praktisnya, pembelajaran daring memang efektif di tengah pandemi, namun tidak untuk psikologis dan mental peserta didik. Untuk itu, dalam memecahkan masalah tersebut perlu adanya analisis terhadap faktor lain yang mempengaruhi kesehatan mental peserta didik selain pembelajaran daring. Sehingga, menjadi bahan pertimbangan untuk menemukan solusi yang tepat dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan mental peserta didik saat menjalankan pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Efendi, R. (2020). Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Di Era COVID-19 Menggunakan Chi-Square Test dan Dependency Degree. Seminar Nasional Teknologi Informasi …, 600–607.

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/11197

T. I., Planning, D., & Iv, V. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Browning, M. H. E. M., Larson, L. R., Sharaievska, I., Rigolon, A., McAnirlin, O., Mullenbach, L., Cloutier, S., Vu, T. M., Thomsen, J., Reigner, N., Metcalf, E. C., D’Antonio, A., Helbich, M., Bratman, G. N., & Alvarez, H. O. (2021). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PloS One, 16(1), e0245327. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., Winsen, & Ardani, A. (2021). Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67–82. https://doi.org/10.33541/jsvol2iss1pp1

Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A. W., Layuk, M., Sambo, M. S., & Indrawati, M. (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Wahana Visi Indonesia, 1–26. https://wahanavisi.org/userfiles/post/2010055F7AA525E16B6_LGID.pdf

Wijaya, C. (2021). Covid-19: “Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri”, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. Www.Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema