Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Vianita Prasetyawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berpengaruh besar dalam bidang pendidikan, sebab demi menghentikan penyebaran virus Covid-19 semua siswa dan guru harus melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) dari rumah. Guru sebagai penentu kemajuan pendidikan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian studi kepustakaan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa melalui metode cooperative learning di sekolah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode  penelitian deskriptif kualitatif merupakan sebuah jenis penelitian yang memanfaatkan data kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif menggambarkan kondisi yang sebenarnya tanpa memberi perlakuan atau memanipulasi variabel yang diteliti. Pada penelitian ini hasil analisis yang dilakukan oleh penulis yaitu setelah menggunakan metode cooperative learning terjadi peningkatan kualitas hasil belajar yang optimal. Hal ini membuktikan bahwa metode cooperative learning berdampak positif terhadap pembelajaran yaitu dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, baik dilihat dari tingkat partisipasi, interaksi dalam pembelajaran, hasil kuis dan tes, serta hasil tugas kerja kelompok. Selain itu, secara umum siswa juga menyukai metode cooperative learning karena dianggap banyak memberikan manfaat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode cooperative learning merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir kritis, menjawab pertanyaan, berbagi pendapat serta meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2014). Penerapan Strategi Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Nahwu Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 215–226.

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139.

Arisanti, D. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 82–93.

Asdar, A. F. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Journal Of EST, 2(2), 56–64.

Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 183. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118

Lestari, B. (2005). Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning – Barkah Lestari. 5(2), 145–153.

Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 12–24.

Pitasari, D. E., Maryani, I., & Purwanto. (2011). Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe STAD dengan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Pucung. 270–279.

Pujiono, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VB Sdn 047 Tarakan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 198–203.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema