Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran
Abstract
Artikel ini berisi buah pikiran terkait pengembangan sarana atau media dalam proses belajar. Bertepatan diluncurkannya revolusi industri 4.0 unsur-unsur pembelajaran hendaknya bukan lagi mengaktualisasikan strategi konvensional, terutama dalam penetapan sarana atau media dalam proses belajar. Sarana belajar di zaman modern ini layaknya disesuaikan dengan kemajuan teknologi. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Desain penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi TikTok merupakan topik utama dalam penelitian ini, dengan hal bahasan tentang penggunaan aplikasi TikTok sebagai media dalam proses belajar. Informasi ini dikumpulkan menggunakan jenis metode deskriptif analisis menggunakan sarana penelitian berupa jurnal. Fase analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa, disamping strategi pemanfaatan dan idealisasi, penggunaan aplikasi TikTok dapat bermanfaat sebagai sarana dalam proses belajar yang interaktif dan menarik. Dengan kemudahan penggunaan dan fungsinya yang beragam, maka aplikasi TikTok dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Sarana atau media pembelajaran yang interaktif dapat menunjukkan apa yang belum diberikan oleh pendidik dan proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan aplikasi TikTok, pendidik mampu dengan mudahnya membuat proses pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi TikTok dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik diharapkan dilakukan penelitian lanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N., Widya, U., Klaten, D., & Tok, A. T. (2018). Aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. 431, 431–440.
Audio, M., & Indonesia, B. (n.d.). Peningkatan ketrampilan menyimak pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media audio. 1–11.
Ayu, G., Wulan, N., & Priatna, D. (2011). Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka. 2.
Bohang, Fatimah Kartini. 2018. “Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia“, https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia, diakses pada 29 September 2021.
Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 95–102.
Gide, A. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Gunarsa, Y. S. D., Gunarsa, S. D., Remaja, P., & Libri, P. (2017). Yulia Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, (Jakarta: Penerbit Libri, 2017), cetakan kedua, h 10. 1 1. 1–108.
Nindasari, Krismonika. 2020. “Uniknya Belajar Matematika Transformasi Melalui Choreography Dance #Tiktok”, https://www.kompasiana.com/krismonikanindasari/5eabab07d541df63e27236e2/uniknya-belajar-matematika-transformasi-melalui-choreography-dnce-tiktok?page=1&page_images=2, diakses pada 29 September 2021.
Syahir, A. (2017). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Epistema
View My Stats Epistema