PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI DAN MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Voettie Wisataone, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suhartanto Suhartanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sulasmi Sulasmi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ratna Yudhiati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ponty SP Hutama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengaruh Media Komunikasi dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Minat Mengikuti Program Kreativitas MahasiswaProgram Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komunikasi dan motivasi mahasiswa terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengikuti PKM.  

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 348 mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan uji t, media komunikasi dan motivasi mahasiswa berpengaruh positif, dimana t hitung > t tabel. Pada uji F menunjukkan bahwa kedua variabel dependen (media komunikasi dan motivasi mahasiswa) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PKM. Kedua variabel memberikan kontribusi sebesar 57,6% dalam mempengaruhi minat mahasiswa dalam mengikuti PKM, sedangkan 42,4% -nya dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata kunci: media komunikasi; motivasi mahasiswa; minat mahasiswa; program kreativitas mahasiswa (PKM)



Abstract: The Influence of Communication Media and Student Motivation on Interest in Participating in Student Creativity Programs

 The Student Creativity Program (PKM) is a program that provides a forum for students to develop creativity. This study aims to determine the effect of communication media and student motivation on the interest of students of the Faculty of Economics (FE) Yogyakarta State University to take part in PKM. This study used a quantitative method with a total of 348 students from various majors in the Faculty of Economics. The analytical tool used is multiple linear regression with the SPSS 22 application. Based on the t test, communication media and student motivation have a positive effect, where t count > t table. The F test shows that the two dependent variables (communication media and student motivation) have a positive and significant effect on interest in participating in PKM. The two variables contribute 57.6% in influencing student interest in participating in PKM, while 42.4% is influenced by other factors.


Keywords: communication media; student motivation; student interests; student creativity program (PKM)



Keywords


media komunikasi; motivasi mahasiswa; minat mahasiswa; program kreativitas mahasiswa; communication media; student motivation; student interests; student creativity program

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Chusumastuti, D. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Online Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 77–85. https://doi.org/10.35130/jrimk.v4i2.86

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrayady, A. (2021). Mengenal Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi. Media Sains Indonesia.

Jamalludin. (2016). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Palembang, 1(1).

Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62–67.

McQuail, T. (2009). Introduction to communication. 87.

Nuryanto. (2011). Ilmu Komunikasi dalam Konstruksi Pemikiran

Wilbur Schramm. Jurnal Komunikasi Massa, 4(2), 1–16.

Saputri, A. W. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jaringan 4g Lte Pt. Telkomsel (Studi Mahasiswa Universitas Pancasila).

Setiawan, daryanto. (2017). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.

Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 627. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p03

Wisataone, V. (2021). Pengertian dan Model Dasar Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi (pp. 87–91). Media Sains Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i1.80126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...