Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah terhadap Kesantunan Berbahasa Siswa SD: Sistematik Literatur Review
Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ade Eka Anggraini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap kesantunan berbahasa siswa SD melalui kajian terhadap artikel-artikel ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu systematic literature review (SLR). Teknik pengumpulan data mengacu pada metode PRISMA dengan basis data yang digunakan, yakni google scholar, open knowledge maps, dan publish or perish (Scopus). Penelitian ini menggunakan artikel 5 tahun terakhir, mulai dari tahun 2020 sampai 2024. Dari keseluruhan 59 artikel, 16 artikel yang relevan sehingga digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Terdapat tiga indikator yang diteliti, yaitu konsep kesantunan berbahasa, pengaruh lingkungan keluarga, dan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kesantunan berbahasa siswa SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kesantunan berbahasa pada siswa sekolah dasar menjadi perhatian serius. Lingkungan sekitar, terutama keluarga dan sekolah, memiliki peran krusial dalam membentuk kebiasaan berbahasa anak. Di rumah, model bahasa orang tua dan interaksi keluarga sangat memengaruhi cara anak berkomunikasi. Sementara itu, di sekolah, guru sebagai model dan suasana belajar yang kondusif sangat penting. Faktor lain seperti pengaruh teman sebaya, media sosial, dan kurangnya pemahaman nilai-nilai moral juga turut berkontribusi. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan upaya bersama dari semua pihak, mulai dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat, dengan fokus pada penanaman nilai-nilai kesantunan sejak dini dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan bahasa yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Kurniawan, A. D., Andriani, A., Susanti, M., & Widowati, A. (2023). Literature Review : Semakin Kaburnya Moral Baik dan Buruk. Jurnal Basicedu, 7(6), 3939–3949. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6458
Anggraini, N. (2019). KESANTUNAN BERBAHASA ANAK DALAM PERSPEKTIF PEMEROLEHAN BAHASA DAN PERAN SERTA PENDIDIKAN KARAKTER. In Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya (Vol. 2, pp. 68–78).
Anggraini, N. (2020). PERANAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. METAFORA, 7(1), 43–54.
Arum, D. P., Kurniawan, H., Hanik, S. U., & Anggraeni, N. D. (2022). STRATEGI, HAMBATAN, DAN TANTANGAN PENANAMAN NILAI-NILAI KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 819–830. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2. 975
Bachtiar, Y., & Fitriani, R. S. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03(02), 124–130.
Cahyono, D. D., Fuadi, D., & Prahastiwi, E. D. (2024). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) , 8(1), 186–193. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd
Fathurrohman. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 79–86. Retrieved from http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Febriyani, S., & Yuliani, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa dan Berperilaku Peserta Didik Kelas V SD Negeri Mandala 01 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. In Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series (pp. 719–725). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fikri, D., Rahmi, A., Mardhiyah, H., Jauharah, Lubis, K. M. N., Chan, M. F. S., … Rahma, S. N. (2023). Implementasi Pendidikan Moral dan Sosial: Peran Sekolah dalam Membentuk Karakter dan Moral Siswa. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(5), 1–5.
Gundogan, B., Dowlut, N., Rajmohan, S., Borrelli, M. R., Millip, M., Iosifidis, C., … Agha, R. (2020, December 1). Assessing the compliance of systematic review articles published in leading dermatology journals with the PRISMA statement guidelines: A systematic review. JAAD International. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.jdin.2020.07.007
Hidayah, N., & Minsih. (2024). Pengaruh Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2443–2452. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org
Istiqomah, A., Sofyan, A., Safaah, T. N., & M, S. (2024). Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa dalam Interaksi Pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 12103–12108.
Karisma, F. A., Anggraeni, A. W., & Dzarna, D. (2024). Penyimpangan Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22671–11678.
Kuntarto, E., Zulkhi, M. D., Wardani, R., Noviyanti, S., Oktafia, S. R., & Anggraini, W. (2018). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Jambi.
Liani, A., & Dafit, F. (2023). Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6798–6807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5779
Marlisa, L. (2023). ANALISIS KRISIS MORAL ANAK TERHADAP ORANG TUA, GURU, DAN MASYARAKAT DI ERA ABAD KE-21. ANALYSIS: JOURNAL OF EDUCATION, 1(2), 255–262.
Muftahah, R. A., Patimah, S., Desma, L., & Ningsih, G. (2023). Pengaruh Games Online Terhadap Kesantunan Berbicara Pada Anak Usia 12 Tahun. LINGUA, 20(1), 55–66. https://doi.org/10.30957/lingua.v20i1.790
Muharudin, E., Slamet, S. Y., Suwandi, S., & Anindyarini, A. (2023). Language Politeness of Elementary School Students on the South Coast of Java: A Sociopragmatic Study. Theory and Practice in Language Studies, 13(10), 2712–2719. https://doi.org/10.17507/tpls.1310.31
Musyawir, & Julkarnain. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KESANTUNAN BERBAHASA GURU DI SD NEGERI 1 NAMLEA KABUPATEN BURU (KAJIAN SOSIOPRAGMATIK). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(11), 4517–4532.
Putri, V. D., & Riyanto, S. (2020). Analisis Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar-Mengajar Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus. GENRE: Jurnal Bahasa Sastra, Dan Pembelajaran, 2(1), 12–16. Retrieved from http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/index
Rahayu, P. (2019). PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. Al-Fathin : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47–59. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rukiyati. (2017). Pendidikan Moral di Sekolah. Jurnal Humanika, 17(1), 1–11.
Saputra, W., & Subiyantoro. (2021). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Siki, I. M., Suyitno, I., Eka, A., Sutadji, A. E., & Rahayuningsih, S. (2024). Dampak Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan Dukungan Orang Tua terhadap Kemampuan Calistung Siswa SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(1), 1–13.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Susandi, A., Zamzani, Prabowo, M., & Yulianto, B. (2024). Portrait of students’ language politeness in elementary school. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(1), 141–150. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i1.24872
Syaprizal, M. P. (2019). PROSES PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK. Jurnal AL-HIKMAH, 1(2), 75–86.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555–564. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526
Wulansari, N., Putri, H. E., & Sumiati, T. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD (pp. 1209–1233). Purwakarta: Kampus UPI. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Wuryaningrum, R. (2022). “INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA” Perspektif Sosiokultural Vigotsky dalam Pemerolehan Pragmatik pada Konteks Pembelajaran. In SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I) “INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA” (pp. 246–256).
Wuwur, E. S. P. O., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 75–82.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.79881
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.79881.g22685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Irene Milenia Siki, Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Ade Eka Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by