Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Kalor Dan Wujud Benda
Nur Inayah Syar, IAIN Palangkaraya, Indonesia
Istiyati Mahmudah, IAIN Palangkaraya, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amruddin 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. sukoharjo: pradina pustaka.
Bella Putri Zain, R.A. 2021. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5): 3668–3676. Tersedia di https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Dewi, R. P., & Mahmudah, I. (2024). Pengaplikasian Model Kooperatif Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV DI SDIT Al-Furqan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 13(1), 172-181.
Dihe, L. & Wangdra, Y. 2023. 8067-Article Text-30786-2-10-20231011. (September): 84–90.
Famani, F., Jusmawati, Supardi, R. & Khaerdar, M. 2022. Pengaruh Rapor Elektronik Terhadap Asesmen Autentik Guru SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(2): 103–113. Tersedia di https://doi.org/10.37289/kapasa.v2i2.127.
Fitriati Nurjannah, P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1): 76–81.
Huda, M. 2014. Metode-Metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.
Mahmudah, I., Yanti, M. Y., Andini, S. P., & Astuti, Y. (2023). Studi Tentang Pembelajaran Kesenian Karungut Dayak Ngaju Siswa Tunanetra Di SLB Negeri 1 Palangkaraya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(12), 3138-3145.
Mahmudah, I., & Sari, Y.. Putri & Istiqamah (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi dan Kearifan Lokal Pada Materi Seni Musik SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 73-83).
Meilana, S.F., Aulia, N., Zulherman, Z. & Aji, G.B. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1): 218–226.
Pertiwi, L. S. I., & Bachri, B.S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Kimia Materi Hidrokarbon Kelas X Smkn Di Trenggalek. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(1): 42–49. Tersedia di type of investigation group, creativity, learning outcome.
Perwita, D. 2021. metode tim accelerated (TAI) pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Tanggerang: Pascal books.
Rahmawati, U.N.A. 2020. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Mim Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1): 16–25.
Sappaile, B.I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R.D., Dewi, P. & Punggeti, R.N. 2023. Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1): 6261–6269. Tersedia di https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830.
Saputri 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Sikap Percaya Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Di Sekolah Dasar Negeri 5 Jatimulyo. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Syar, N.I. 2021. Kajian & Pembelajaran IPA MI/SD. IAIN Palangka raya.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.76492
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.76492.g22686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rosyifa Lala Nurhasanah, Nur Inayah Syar, Istiyati Mahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by