Learning Environments Sebagai Pendukung STEAM Guna Mengasah Kecakapan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar

EVY NUR ROCHMAH, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur dengan kajian kepustakaan (library research) yang menggambarkan bagaimana learning environment sebagai pendukung metode STEAM (sains, technology, engineering, art, and mathematics) untuk mengasah kecakapan abad 21 siswa sekolah dasar. Pada penelitian studi literatur ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan dengan kajian dalam penelitian ini. Pustaka yang menjadi studi literatur ini berjumlah 42 literatur. Studi ini memfokuskan pada wacana pentingnya penggunaan metode STEAM dan untuk membantu mengasah kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Kecakapan atau keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang mengasah kecakapan 4C (critical thingking, creativity, communication, and collaboration). Keterampilan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan marketability, kemampuan employability dan kemampuan readiness for citizenship. Untuk mecapai tujuan tersebut, diperlukan system pendukung dalam proses pembelajaran. Metode STEAM merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat mendukung learning environments tersebut. Proses pembelajaran dalam STEAM tersebut bersifat menyeluruh dan saling berkaitan satu sama lain sebagai metode untuk menyelesaikan masalah. Sehingga, diharapkan dari pembelajaran menggunkan STEAM ini siswa dapat belajar menyelesaikan masalah dengan tata cara keilmuan yang luas. Hasil studi menunjukkan bahwa learning environment mampu mendukung metode STEAM dalam mengasah kecakapan abad 21 siswa sekolah dasar, terlihat dari pelaksanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan pengetahuan dengan lima disiplin ilmu tersebut yang mengasah critical thinking, creativity, communication, and collaboration.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655.

Ayun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271–290. Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V5i1.286

Aziz, A. H. (2018). Kontribusi lingkungan belajar dan proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal tarbiyah vol.25, no.2, juli-desember 2018 P-ISSN: 0854–2627, E-ISSN: 2597-4270

Bakhtawer Nasrullah, Ghulam Fatima, & Dur e Nayab. (2021). Strategies Used by Public Primary School Teachers for Enhancing Students’ Curiosity in Science. Journal of Accounting and Finance in Emerging Economies, 7(1), 93–101. https://doi.org/10.26710/jafee.v7i1.1568

Baleria, G. (2021). Counteracting Othering in the Community College Setting: Increasing Belonging and Curiosity to Improve Student Success. Community College Journal of Research and Practice,45(4),273-289.

Barak, Moses. & Doppelt, Yaron. 2000. Using Portfolio to Enhance Creative Thinking. The Journal of Technology Studies Summer-Fall 2000, Volume XXVI, Number 2. . http://scholar.lib.vt.edu/ejournals.

Budiningsih, C. A. (2004). Karakteristik siswa. Yogyakarta: FIP UNY.

Buinicontro, J. K. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, Curricular, And Programmatic Developments In Arts-Based Science, Technology, Engeneering, And Mathematics Education Introduction To Special Issue Of Art Education Policy Review: STEAM Focus. Art Education Policy Review Journal. Volume 119, 2018 - Issue 2.

Burke. (2018). Meet the STEAM Team. DK Publishing. New York.

Cain, J. (2019). We should pay more attention to student curiosity. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 11(7), 651–654. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2019.03.001

Chung, C., Huang, S., Cheng, Y., & Lou, S. (2020). Using an iSTEAM project-based learning model for technology senior high school students : Design , development , and evaluation. In International Journal of Technology and Design Education (Issue 0123456789). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09643-5

DOI : 10.30829/tar.v25i2.365

Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra. Aditya Bakti.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills (6th ed.). Boston: Pearson.

Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi pustakarya.

Gomleksiz, M. N. (2012). Elementary School Students’ Perceptions of the New Science and Technology Curriculum by Gender. Department of Educational Sciences, Faculty of Education, Firat University, Elazig, Turkey. Educational Technology & Society, 15, 116–126.

Hasanlouee1, M. I & Hasaninejad, S. (2015). A Comparison of Cognitive, Affective and Psychomotor Characteristics of Students at Schools Conducting Descriptive and Quantitative Evaluation Schemes: A Case Study. MAGNT Research Report, 3, 1472-1481. https://doi.org/10.1080/10668926.2019.1689207

Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Redjeki, S. (2019). Perkembangan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Berorientasi Entrepreneurship Pada Mata Kuliah Keanekaragaman Tumbuhan. Mangifera Edu, 4(1), 19–31. Https://Doi.Org/10.31943/Mangiferaedu.V4i1.41

Izzaty, Rita E dkk. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta:

UNY.

Khatibah.(2011). Penelitian kepustakaan. Jurnal Iqra’ volume 05 no.1. Mei 2011.,http://repository.uinsu.ac.id/640/1/(5)PENELITIAN%20KEPUSTAKAAN.pdf

Krulik, Stephen dan Rudnick, Jesse A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston : Temple University.

Lau, J.Y.F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity.

New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Pratama.

Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254.

Nurhikmayati, L. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics. Copyright ©2019, Jurnal Didactical Mathematics http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm . p-ISSN: 2622-7525, e-ISSN: 2654-9417. Vol. 1 No. 2 April 2019 hal. 41-50

Ohio Department Of Education. (2004). Partnership for 21st Century Skills.: Washington DC.

Paul, R. and Elder,L. (2006). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools. Foundation for Critical Thinking: www.criticalthinking.org

Quigley, C. F., Shekell, C., Cian, H., & Jacques, L. (2020). Connected Learning in STEAM Classrooms : Opportunities for Engaging Youth in Science and Math Classrooms. International Journal of Science and Mathematics Education, 18, 1441–1463. https://doi.org/doi.org/10.1007/s10763-019-10034-z

Rainbolt, G. W. dan Dwyer, S.L. (2012). Critical Thinking: The Art of Argument. Boston: Wadsworth, Cengage Learning.

Redhana, I.W.(2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253

Rotherham, A. J., & Willingham, D. 21st century skills: The challenges ahead. Educational Leadership, 67 (1), 16-21, 2009.

Ruggiero, V.R. (1998). The Art of Thinking: A Guide to Critical and Creative Thought. New York: Longman, an Imprint of Addison Wesley Longman,Inc.

Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Stobaugh, R. (2013). Assesing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core. New York: Routledge.

Suryaningsih, S. & Nisa F.A (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2 No. 6 Juni 2021 1110 Conference of Technology and Education, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012055

Toth, P. (2012). Learning Strategies and Styles. Vocational Education, 9, 3-195.

Trilling, B Dan Fadel, C. (2009). 21st Century Skills : Learning For Life In Our Times. San Francisco: California Jossey-Bass/ John Willey & Sons. Inc. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. San Francisco: CA John Wiley & Sons.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple

Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Yusup, P. M. (1989). Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi

Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahara, A., Feranie, S., & Winarno, N. (2020). Influence of discovery learning supported by solar system scope application on students’ curiosity: The case of teaching solar system. Journal MSCEIS,1,275–282. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296415

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. JURNAL DAKWAH, Vol. X No. 2, Juli-Desember 2009

Zed, Mestika. (2008).Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.61373

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.61373.g19647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EVY NUR ROCHMAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats