Urgensi Kegiatan Upacara Bendera Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar SDN Pondok Bahar 6 Kelas 4B Tahun Ajaran 2022/2023 Semeter Ganjil
Lu`luil Maknun, UIN Syarif Hidayatullah JAKARTA, Indonesia
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang urgensi kegiatan upacara bendera untuk meningkatkan nasionalisme siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di sekolah SDN 6 Pondok Bahar semester ganjil tahun 2022/2023. Metode yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian juga didukung dengan penelusuran artikel jurnal yang relevan baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tujuan penelitian ini antara lain yaitu untuk mengetahui serta mengkaji mengenai prilaku dan sikap pada anak-anak SDN Pondok bahar 6 kelas 4B mengenai kepekaan dan pengetahuan tentang nasionalisme yang terdapat pada upacara bendera.
Full Text:
PDFReferences
Agus, Efendi, dan Zulfahmi. 2021. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda.” Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 2, no. 1: 26–33. https://doi.org/10.55357/is.v2i1.75.
Asmara, Yeni, dan Dina Sri Nindianti. 2019. “Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 1, no. 1: 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192.
Audina, Debi, Dudung Amir Soleh, dan M.S. Sumantri. 2021. “Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta.” EduStream : Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1: 5.
Benaziria, Benaziria, dan Mukhamad Murdiono. 2019. “Civic teacher strategy in the integration of nationalism and tolerance character in school based on pesantren in Yogyakarta city.” Journal of Social Studies (JSS) 15, no. 1: 13–34. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25227.
Berliana, Nesfi, Sunardin, dan Yoyoh Fathurrohmah. 2022. “Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 5: 1707–15.
DJ, Nursamsi, dan Jumardi. 2022. “Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5: 8341–48. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775.
Fauziah, Isna Nadifah Nur, dan Dinie Anggraeni Dewi Universitas. 2021. “Membangun Semangat Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies 2, no. 2: 93–103.
Hanif, Ainun Alwan. 2020. “KONSEP NASIONALISME DALAM KITAB ‘IZOTUN NASHI’IN KARYA SYAIKH MUSTHOFA AL - GHOLAYAINI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR PKN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH.” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.
Helisia Margahana. 2020. “Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 17, no. 2: 176–83. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/4096.
Hidayah, Eva Nur, dan Alil Rinenggo. 2021. “Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Memperkukuh Nasionalisme untuk Kemajuan Indonesia.” WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) 9, no. 2: 4–5. http://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/273.
Iryana, Wahyu. 2022. Sejarah Pergerakan Nasional: Melacak Akar Historis Perjuangan Bangsa Indonesia dan Kiprah Kaum Santri dalam Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. PRENADA : Jakarta.
Jasrudin, Jasrudin, Zulfikar Putera, dan Farid Wajdi. 2020. “MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10, no. 2: 42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629.
Kartini, Ayu, dan Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9, no. 1: 405–18. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136.
Luthfiah. 2019. “URGENSI NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR DALAM UPAYA PENANGKALAN RADIKALISME PADA PENDIDIKAN ISLAM.” Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik 1, no. 2: 5–10.
Muchlis, Muhammad, Rodja Abdul Natsir, dan Khaidir. 2020. “Penanaman nilai nasionalisme pada upacara apel bendera (studi deskriptif di SMA Negeri 2 Maumere).” Jurnal Jupekn 5, no. 1: 1–5.
Nurgiansah, T Heru, dan Fazli Rachman. 2022. “Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan.” Jurnal Kewarganegaraan 19, no. 1: 66. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214.
Pradana, Dian Arief, Mahfud Mahfud, Candra Hermawan, dan Herdiana Dyah Susanti. 2021. “Nasionalism: Character Education Orientation in Learning Development.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 3, no. 4: 4026–34. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1501.
Rahmani, Shinta Putri, M. Isa Rani, dan Hambali. 2021. “UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI UPACARA BENDERA PADA SISWA SD NEGERI 10 BANDA ACEH.” Jurnal Tunas Bangsa 8, no. 1: 318–28.
Retnasari, Lisa, dan Yayuk Hidayah. 2020. “Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.” Jurnal Basicedu 4, no. 1: 79–88. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.303.
Rizky Agassy Sihombing, dan Pristi Suhendro Lukitoyo. 2021. “Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 1: 49–59.
Sari, Euis Naya. 2020. “Bahan Ajar Mata Diklat Nasionalisme.” https://pusdiklat.bps.go.id/diklat/bahan_diklat/BA_2841.pdf.
Septiyani, Novita, dan Nidar Yusuf. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 10, no. 1: 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6094.
Sihite, Bontor. 2021. “MENGIKUTI UPACARA BENDERA DENGAN PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMP NEGERI 1 PARMONANGAN TP. 2019 / 2020.” widyasari press 23, no. 3: 107–16. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/06/12.-Bontor-Sihite-Upaya-Pengawas-Meningkatkan-Disiplin-Dengan-Penerapan-Reward-and-Punishment-.pdf.
Suhada, Muhammad, dan Arsip Perangin-angin. 2019. “HUBUNGAN SIKAP DALAM UPACARA BENDERA DENGAN RASA NASIONALISME DALAM PELAJARAN PPKn PADASISWA KELAS X SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019.” Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 8, no. 2: 136–42.
Sunarti, Aniesa Samira Bafadhal, dan Muhamad Cahyo Widyo Sulistyo. 2022. “Pembuatan Dan Pendampingan Pengelolaan Website Resmi Museum Brawijaya Sebagai Diseminasi Memori Kolektif Dan Nilai-Nilai Nasionalisme.” Profit: Jurnal Administrasi Bisnis 16, no. 1: 122–29. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/2604.
Suzan, Yenny, dan Imam Jayanto. 2021. Teori Belajar & Pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi : Malang.
Syahira Azima, Nishfa, Yayang Furi Furnamasari, dan Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3: 7491–96.
TAMAM. 2021. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Disiplin Di Madrasah Tsanawiyah Riyadhus Sholihin Megang Sakti Musi Rawas.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan …. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) BENGKULU.
Umar, Sidiq, dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. Diedit oleh Anwar Mujahidin. CV. Nata Karya. Vol. 5. CV. Nata Karya.
Voukelatou, Gianna. 2019. “The contribution of experiential learning to the development of cognitive and social skills in secondary education: A case study.” Education Sciences 9, no. 2. https://doi.org/10.3390/educsci9020127.
Werdiningsih, Rini. 2018. “MEMBANGUN SEMANGAT NASIONALISME GENERASI MUDA DALAM BINGKAI PENDIDIKAN KARAKTER.” Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang 13, no. 18.
Widiyono, S. 2019. “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi.” Jurnal Populika 7, no. 1: 5–10.
Yestiani, Dea Kiki, dan Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1: 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.
YUSTIKA, ERINA. 2021. “UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MIFTAHUL HUDA TRIBUDISYUKUR KECAMATAN KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
Yusuf, Achmad. 2020. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan. Diedit oleh Nuraini. Depok: PT. RajaGrafindo Persada : Depok.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.56722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ikhsan Nur Rizki, Lu`luil Maknun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by