Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajar di Masa Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar Kelas 2 Wilayah Desa Pacarejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas 2 Sekolah Dasar di wilayah Desa Pacarejo; (2) mendeskripsikan dan memaparkan hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas 2 Sekolah Dasar di Desa Pacarejo; dan (3) menganalisis dan mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas 2 Sekolah Dasar di Desa Pacarejo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 8 orang yang menjadi guru kelas 2 Sekolah Dasar wilayah Pacarejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kelas 2 Sekolah Dasar di wilayah Desa Pacarejo mematuhi protokol kesehatan. Pembelajaran dilaksanakan secara terbatas yaitu 1 jam pelajaran selama 25 menit.; (2) Hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dalam aspek prokes sebanyak 28%, materi sebanyak 42%, durasi waktu sebanyak 67%, interaksi sebanyak 91%, dan rombongan belajar sebanyak 69%; (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu guru melakukan bimbingan dan pendekatan kepada siswa.
Full Text:
PDFReferences
Alawamleh, M., Al-Twait, L.M., & Al-Saht, G. R. 2020. The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic. Asian Education and Development Studies. https://doi.org/10.1108/AEDS-06-2020-0131
Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10 (3), 282-289. DOI https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033
Cook-wallace, M. K. (2018). Who Is Running Online Education Programs ? International Journal of Management, Knowledge and Learning, 1(1), 55–69.
De Porter, Bobbi (1992). Quantum Learning. New York: Dell Publishing.
Huang, Y., Wang, Y., Tai, Y., Liu, X., Shen, P., Li, S., Li, J., & Huang, F. (2020). Curricularface: Adaptive curriculum learning loss for deep face recognition. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition. https://doi.org/10.1109/CVPR42600.2020.00594.
Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. Vol.5, 31-47.
Kemdikbud. (2022). Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/diskresi-skb-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Khattar, A., Jain, P.R., & Quadri, S.M.K. 2020. Effects of the Disastrous Pandemic Covid19 on Learning Styles, Activities and Mental Health of Young Indian Students-A Machine Learning Approach. Proceedings of the International Conference on Intelligent Computing and Control Systems, ICICCS 2020, Iciccs, 1190–1195. https://doi.org/10.1109/ICICCS48265.2020.9120955
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 445-452).
Muhibbin Syah. 2006. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. 2010. Diagnosis kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nissa, Siti Faizatun, And Akhmad Haryanto. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.
Ode, La. Aswat, Hijrawatil. Sari, Eka Rosmitha. Meliza, NurOde, La. Aswat, Hijrawatil. Meliza, Nur. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6) 4400-4406. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Pane, A. & Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian IlmuIlmu Keislaman e-ISSN 2460 -2345, p-ISSN 2442 -6997, 3(2), 339
Puri Pintek. 2021. Aturan Metode Pembelajaran Tatap Muka dari Kemendikbud di Ajaran Baru 2021/2022!. Diakses pada 4 Mei 2022. https://pintek.id/blog/metode-pembelajaran/
Sistiarini, R. D., Ishaq, M., & Sulthoni, S. (2021, September). Kajian Konseptual PTM Terbatas dengan PJJ di Lembaga PAUD. In Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Vol. 1, No. 1).
Siswanto, B,T. Wagiran. Komariah,K. Hamidah,S.Standar Kompetensi dan Perumusan Tujuan Pembelajaran. Diunduh pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Makalah%20Perumusan%20Tujuan%20Pembelajaran%20MSTT%202010.pdf
Suherman, E. (2007). Hakikat Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran dan BU. No 4 (2)
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwandayani, B.I., Kuncahyono, & Anggraini, A.E. (2021). Pola Implementasi Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia, 05 (2), 608-618. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11472
Syah, Muhibbin. (2009).Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90.
Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Peserta Didik pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pengukuran Skala Likert. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 15(2).
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.49747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sindi Asmiati Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by