Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Krisniarti Musdalifah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa metode Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yang akan diberikan tindakan, yaitu pada kelas eksperimen yang diterapkan metode Discovery Learning sedangkan pada kelas kontrol yang diterapkan metode konvensional dengan memberikan soal pre-test dan post-test pada kedua kelas tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Wanasari 08 dengan jumlah seluruhnya 93 siswa. Sampel diambil dengan teknik Porposive Sampling dan jumlah keseluruhan sampel yaitu 58 siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning lebih efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil uji N-Gain yang didapat bahwa adanya peningkatan sebesar 75%. Oleh sebab itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan diterapkan metode Discovery Learning memiliki penagruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi uji T Independent yang didapat nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dinyatakan signifikan atau H0 ditolak Ha diterima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.43963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Krisniarti Musdalifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats