Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar

Ika Dwi Lestari, Pascasarjana Universita Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Salah satu perangkat ajar yang diciptakan oleh seorang pendidik adalah modul pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal. Modul pembelajaran dibuat untuk membantu peserta didik dalam memahami topik pembelajaran dan membangun pengetahuan mereka berdasarkan peristiwa atau keberagaman ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar. Melalui implementasi modul pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat mendorong peserta didik mencitai tanah air, mengagumi keberagaman di Negara kita melalui satuan terkecil yaitu wilayah tempat tingga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis kearifan lokal valid dan efektif. Tinjauan pustaka dilakukan sebagai pendekatan penelitian. Artikel ini melihat tujuh karya yang diterbitkan di jurnal internasional dan nasional antara tahun 2016 sampai 2021. Esai ini melihat bagaimana modul pembelajaran tema integratif berbasis kearifan lokal dikembangkan. Temuan kajian tujuh artikel mengungkapkan bahwa inovasi merupakan pembaruan yang selaras dengan lingkungan sekitar dan karakteristik peserta didik. Modul pembelajaran ini sangat baik dalam mengembangkan tiga komponen kompetensi siswa. Diantaranya sikap, pengetahuan dan keterampilan.   


Full Text:

PDF

References


Anwar, M. F. N., Ruminiati, & Suharjo. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN, 2(10), 1291–1297. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250

Chusna, L. N., Ekowati, D. W., & Kuncahyono, K. (2019). Modul Pendamping Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Blitar di Kelas IV SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 81. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16880

Handayani, M. (2018). Developing thematic-integrative learning module with problem-based learning model for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.14288

Indrawini, T., Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016., 1–7.

Ingwarni, S. (2018). Jurnal Prima Edukasia , 6 ( 2 ), 2018 , 157-165 Developing the Sociocultural-Based Thematic-Integrative Learning Module for Improving the Learning Motivation and the Critical Thinking. 6(2), 157–165.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1–5. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/view/317

Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 884–893. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1344

Riska Septia Wahyuningtyas, F. N. S. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pro-Life, 7(3), 275–289. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/prolife/article/view/2345

Saputra, A., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 182–189.

Sasmita, A., & Fajriyah, K. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2355

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316

Susilawati, F. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik. 12(1), 62–68.

Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.

Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Stm (Sains, Teknologi Dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 21. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5899




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.41699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Dwi Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats