The Character Education Strategy of SD N Butuh Temanggung Students of Broken Home Victims by Maximizing the Role of Families and Teachers
Evi Kurniawati, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Rizki dan Yolanda Pahrul. 2019. Intervensi Konselor Sekolah untuk Meningkatkan Self Esteem Bagi Anak Keluarga Broken Home. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 632-640.
Ansori, Yoyo Zakaria. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3 (1), 2020.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Muklhis. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home dalam Berbagai Perspektif. Jurnal Al Ijtimaiyyah, 1(1), 30-50.
Cappuzzi, D. & Gross. (2011). Counseling and Psichoterapy: Theories and Intervation (5th edition). New Jersey: Merril Prentice Hall.
Dalimunthe, Reza Armin Abdillah. (2015). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 5(1), 102-111.
Darmiyati, Zuchdi. (2009). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Yogyakarta: UNY Press.
Fadlillah, Muhammad & Khorida, Lilif Mualifatu. (2012).
Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 50-69.
Johansson, E., dkk. (2011). Practices For Teaching Moral Values in the Early Years: A Call for a Pedagogy of Participation. Education, Citizenship and Social Justice, 6(2), 109–124.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Laminsar, L. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Terpadu Tuanku Lintau Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 91-100.
Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter. Source: https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Sandarwati, Inira, F. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 245-260.
Savitri, D. I, I Nyoman Sudana Degeng, Sa’dun Akbar. (2016). Peran Keluarga dan Guru Dalam Membangun Karakter dan Konsep Diri Siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 861—864.
Sheykhjan, T.M., Jabari, K. & Rajeswari. (2014). Self Esteem and Academic Achievement of High School Students. Cognitive Discourses International Multidisciplinary Journal, 2(2), 38-41.
Wulandari, Yeni dan Muhammad Kristiawan. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2 (2), 290-303.
Wuryandani, Wuri., Bunyamin Maftuh, Sapriya, dan Dasim Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. J.Cakrawala Pendidikan, 1(2), 286-295.
Zain, N.A., Prastika C.B. & Sholihatin, R.P. (2018). Upaya Pengentasan Masalah Anak Korban Broken Home Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Person Centered. Prosiding Seminar Nasional.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v4i2.41033
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v4i2.41033.g17122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ahmad Nur Rohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by