Penerapan Model Think Pair Share Pada Tema Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Iis Yumaroh, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Erik Aditia Ismaya, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Eko Widianto, Universitas Muria Kudus, Indonesia

Abstract


This research aims to determine increasing student learning outcomes in grade IV SD 5 Karangbener Kudus on theme 5 with Think Pair Share learning models assisted mosaic puzzle media. This class action research was carried out in grades IV SD 5 Karangbener with research subjects 24 students, which lasted for two cycles with each cycle consisting of two meetings. Each cycle consists of four stages, namely, planning, implementing, observing, and reflecting. The results showed an increase in learning activity and achievement. The value of student learning outcomes in the knowledge domain in pre-cycle scores 66 on social studies and 67 on Indonesian content with a percentage of 30% and 25%, cycle I score 73 with a percentage of 62% and increases in cycles II with a score of 81 with a percentage of 83%. For the pre-cycle speaking skill, students got a score of 338 with a percentage of 62%. In cycle I, students achieving a score of 401 with a percentage of 67%. Lastly, an increase in cycle II with a score of 466 with a percentage of 78%.

Keywords: The Result of Learning, Themes My Hero, Model of Think Pair Share

====================================================================================================

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Karangbener Kudus pada tema 5 dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media puzzle paku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Karangbener dengan subjek penelitian 24 siswa, yang berlangsung selama dua  siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Nilai hasil belajar siswa ranah pengetahuan pada prasiklus memperoleh skor 66 pada muatan IPS dan 67 pada muatan Bahasa Indonesia dengan persentase 30% dan 25%, siklus I memperoleh skor 73 dengan persentase 62%  dan meningkat pada siklus II dengan skor 81 dengan persentase 83%. Nilai keterampialan berbicara siswa prasiklus memperoleh skor 338 dengan persentase 62% pada siklus I mencapai skor 401 dengan persentase 67%  dan meningkat pada siklus II dengan skor 466 dengan persentase 78%.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Tema Pahlawanku, Model Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Ariztasari Isnanda. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Model Kooperatif Think Pair Share Kelas VA SDN Giwangan. Jurnal Didaktika. 1. (1)

Dewi, dkk. 2019. Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tema Pahlawanku Kelas 1 SD Unggulan Muslimat NU. Jurnal Prakarsa Pedagogia. 2. (1).

Dinaqi, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 1 Bojoggambir. Conference Series 2(2).

Faridha dan Abbas. 2015. Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Joyful Laerning Jounal. 4 (2).

Gufron, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw di kelas 4 SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia. 2 (1).

Hamdan. 2017. The Effect of (Think-Pair-Share) Strategy on the Achievement of Third Grade Student in the Educational District of Irbid. Journal of Education and Practice. 8 (9).

Hasdin, dkk. 2014. Meningkatkan Perhatian siswa kelasV SD N 2 Salakan Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Diskusi. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 2. (3).

Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Wage Group.

Muthmainnah. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model TPS Pada Siswa Kelas IV SDN Lempuyangan 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (7)

Muswaroh, Siti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VSDN Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 4 (2).

Permendikbud No. 104 Th. 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. (2014). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Puspitasari, dkk. 2016. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 1. (7).

Qurtobhi, dkk. 2017. Effect Of Cooperative Learning Model Type Think Pair and Share (TPS) On Student Cooperation. International Journal Pedagogy of Social Studies. 2 (2)

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharjo, dkk. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pemebelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2 (6).

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya peningkatan motivasi belajar siswa. Jurnal pendidikan Ekonomi UM Metro. 3 (1.)

Taddese. 2018. An Investigation Of The Practice Of Teaching and Assessing Speaking Skills in Spoken English Classes: Dilla University in Focus. Journal of Literature, Languages and Linguistics. 49.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widianto, dkk. 2019. Variasi Tunggal Bahasa Dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Kawasan Makam Sunan Muria. Jurnal Kredo. 3 (1)




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.33377

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.33377.g14906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Iis Yumaroh, Erik Aditia Ismaya, Eko Widianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats