MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH I KALASAN TAHUN 2012/2013

Linggar Pramesti, SMP Muhammadiyah 1 Kalasan, Indonesia

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar matematika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan tahun 2012/2013. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan pendekatan realistik yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan pada Kelas VII A semester genap tahun 2012/2013 dengan prosedur penelitian perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah
siswa dan guru matematika di kelas, sedangkan objek penelitian yaitu hasil tes siswa  juga angket. Pengamatan difokuskan pada cara guru merencanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik dan bagaimana penerapannya di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pembelajaran pendekatan realistik terdapat peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti belajar matematika, sehingga menyenangkan dan bermakna yang terlihat dalam meningkatnya hasil prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai dari sebelum tindakan 59,27 dan setelah tindakan 79,29, jadi naik 34,96%


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter