MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM DAN SIFAT PERIODIK UNSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X, SMK MUHAMMADIYAH GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA
Siti Mutmainah,
SMK Muhammadiyah Gamping, Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia tentang strukturatom dan sistem periodik unsur pada kelas X, semester 1, siswa SMK Muhammadiyah Gamping,Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Konsep pokok penelitian tindakan kelas Kurt Lewin meliputi empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, yakni 6 jam pelajaran untuk KD struktur atom dan 4 jam untuk sifat periodik unsur. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,86 dan pada siklus II naik menjadi 76,54. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 85,18 %