MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM DAN SIFAT PERIODIK UNSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X, SMK MUHAMMADIYAH GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

Siti Mutmainah, SMK Muhammadiyah Gamping, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia tentang
strukturatom dan sistem periodik unsur pada kelas X, semester 1, siswa SMK
Muhammadiyah Gamping,Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Penelitian
ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin.
Konsep pokok penelitian tindakan kelas Kurt Lewin meliputi empat komponen,
yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dalam 2 siklus, sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, yakni
6 jam pelajaran untuk KD struktur atom dan 4 jam untuk sifat periodik unsur. Hasil
yang diperoleh pada penelitian ini bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,86
dan pada siklus II naik menjadi 76,54. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar
66,67% dan pada siklus II sebesar 85,18 %


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter