MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM DAN SIFAT PERIODIK UNSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X, SMK MUHAMMADIYAH GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

Authors

  • Siti Mutmainah SMK Muhammadiyah Gamping

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia tentang
strukturatom dan sistem periodik unsur pada kelas X, semester 1, siswa SMK
Muhammadiyah Gamping,Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Penelitian
ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin.
Konsep pokok penelitian tindakan kelas Kurt Lewin meliputi empat komponen,
yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dalam 2 siklus, sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, yakni
6 jam pelajaran untuk KD struktur atom dan 4 jam untuk sifat periodik unsur. Hasil
yang diperoleh pada penelitian ini bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,86
dan pada siklus II naik menjadi 76,54. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar
66,67% dan pada siklus II sebesar 85,18 %

Downloads

Published

2016-06-14

How to Cite

Mutmainah, S. (2016). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM DAN SIFAT PERIODIK UNSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X, SMK MUHAMMADIYAH GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2). https://doi.org/10.21831/jig cope.v19i2.9656

Issue

Section

Articles