PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISlKA MELALUI PEMBELAJARAN EMPECE PADA SISWA KELAS XI-IPA 4 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTATAHUN PELAJARAN2012/2013

Irwan Yusuf, SMA N 5 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian  tindakan kelas ini  bertujuan untuk  mengetahui  apakah metode  empece dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus dilakukan di kelas XI IPA-4 SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 37 siswa. Karakteristik kelas ini memiliki keaktifan dan hasil belajar yang kurang dibanding kelas XI lainnya. Data diperoleh dari lembar observasi  psikomotorik, sikap  ilmiah dan minat siswa. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari ujian setelah siklus berlangsung. Data tentang kegiatan guru dalam proses pembelajaran diperoleh dari Iembar observasi. Dari data tersebut, kemudian dianalisis dengan deskriptif persentase. Indikator keberhasilan untuk keaktifan siswa setidak-tidaknya 75%, dan indikator hasil belajar klasikal sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes.

Selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dari sikius I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata psikomotorik siswa diakhir siklus I sebesar 75,85 menjadi 79,26 diakhir siklus II, nilai afektif sikap ilmiah pada sikius I dengan rata-rata 78,03 dan naik menjadi 80,74 pada siklus II. Analisis belajar kognitif siswa diperoleh melalui hasil ujian per siklus yang dilakukan setiap siklus. Peningkatan hasil belajar kognitif terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum siklus 65 dengan ketuntasan 31%, diakhir siklus I rata-rata sebesar 73,52 dengan ketuntasan 63,64% dan diakhir sklus II menjadi 78,18 dengan ketuntasan 87,88%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika empece yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI-4 SMA Negeri 5 Yogyakarta.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter