Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan cara penerapan metode stimulasi dalam meningkatkan keterampilan bermain drama siswa dan menemukan tingkat keefektifan penggunaan metode stimulasi berbantuan pemeran pengganti dalam meningkatkan keterampilan berrnain drama siswa kelas XA Semester 1 tahun pelajaran 201112012 SMA Negeri 2 Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi. Adapun kriteria penelitian yang digunakan terrnasuk penelitian kualitatifkarena menggunakan sumber data langsung dan peneliti sebagai pengumpul data utama. Setelah dilaksanakan pembelajaran bermain drama siswa dengan metode stimulasi, prestasi berrnain drama siswa kelas XA meningkat. Ini menunjukkan bahwa metode stimulasi dapat meningkatkan kompetensi berrnain drama siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012.