UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG KELILING LINGKARAN DAN LUAS LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran dengan menggunakan metode Snowball Throwing peserta didik kelas VIn D SMPN I Tempel Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan Taggart (1988). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMPN I Tempel, Sleman sejumlah 35 siswa. Pelaksanaan penelitian siklus I pada tanggal l l dan 13 Januari 2014 dan siklus II pada tanggal 17 dan 18 Januari 2014, bertempat di ruang kelas VIIID. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar MenghitungKeliling dan Luas Lingkaran melalui model pembelajaran Snowbaal Throwing. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode diskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran Menghitung Keliling Lingkaran dan Luas Lingkaran melalui model pembelajaran Snowbaal Throwing ini jika tercapai ketuntasan belajar klasikal > 85% , dan dengan ketuntasan individu >75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Menghitung Keliling
dan Luas Lingkaran kelas VIIID SMPN I Tempel, Sleman sebesar 88,57 % (baik sekali). Hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran menggunakan Model Snowball ThrowingPerolehanPada siklus I mencapai 40 % siklus II mencapai 88,57%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Menghitung Keliling dan Luas Lingkaransiswa kelas VIIID SMPN I Tempel, Sleman Tahun 2013/2014.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: