PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM SISWA KELAS VII.B SEMESTER 2 SMP NEGERI 7 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sugiyono Sugiyono, SMP N 2 Cilacap, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan media modifikasi piring plastik terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas VII. B semester 2 SMP Negeri 7 Cilacap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Intack Group dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.B semester 2 SMP Negeri 7 Cilacap tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar lempar cakram diperoleh melalui tes unjuk kerja. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran lempar cakram melalui modifikasi piring plastik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar lempar cakram meningkat dari 3 6,84Yo ( 1 4siswa tuntas) pada kondisi awal menjadi 63,1 5yo (24 siswa tuntas) pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 94,73% (36 siswa tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan media modifikasi piring plastik terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas MI.B Semester 2 SMP Negeri 7 Cilacap tahun pelajaran 2012/2013.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter