PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Keaktifan bertanya siswa kelas IV SD yang rendah mengakibatkan rendahnya keberhasilan belajamya, kondisi ini dikarenakan masih ditemui pembelajaran yang kurang produktif, guru yang kurang kreatif dan kurang inovatif, bahkan tidak sedikit ranah afektifpun dilupakan karena dikejar dengan padatnya materi, akibatnya peserta didik kurang diberi waktu untuk bertanya. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan saintifik yang meliputi penggalian informasi melalui pengamatan, bertanya, mencoba, kemudian mengolah data, menyajikan data, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, kemudian menyimpulkan, dan mencipta semua mata pelajaran. Objek yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandowan, Brosot, Galur, Kulon Progo yang berjumlah 30 siswa terdiri 16 siswa laki-Iaki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan bertanya dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan saintifik, dari data yang diperoleh pada siklus I, 0 siswa tidak aktif bertanya (0%),6 siswa kurang aktifbertanya (20%), dan 24 siswa aktif bertanya (80%). Pada siklus II terdapat peningkatan keaktifan yaitu 0 siswa tidak aktif bertanya (0%), 1 siswa kurang aktif bertanya (3,33%), dan 29 siswa aktif bertanya (96,67%). Hasil belajar siswa pada siklus I hasil test akhir diperoleh nilai rata-rata 69,00. Pada siklus II tes akhir diperoleh nilai rata-rata 78,67.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: