PENGARUH KEBUGARAN JASMANI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PERILAKU SO SIAL SISWA

Sulastri Sulastri, MTs N Galur, Indonesia

Abstract


Penelitian ini berupa penelitian eksperimen bertujuan untuk mengungkap pengaruh kebugaranjasmani dan prestasi belajar pendidikanjasmani olahraga dan kesehatan terhadap perilaku sosial siswa MTs Negeri Galur Kulon Progo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN Galur Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik sampling pada penelitian ini adalah dengan cara pencuplikan pada siswa kelas IX semester 1 Tahun Pelajaran 201412015 dengan jumlah 144 orang siswa. Kebugaran jasmani siswa diukur dengan lari 2,4 Km Prestasi belajar Penjas dengan nilai raport semester I, dan perilaku sosial dengan pengamatan pada saat pembelajaran Penjas Teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif melalui korelasi product moment dan regresi dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani dari 144 siswa berada pada katagori baik (rata-rata = 78,08), prestasi belajar pendidikan jasmani baik (rata-rata = 80,01). Hasil analisis korelasi antara kebugaran jasmani dan tingkah laku sosial menunjukkan pengaruh positif dan sangat erat sebesar 0,59 (rXIY = 0,59, Fhitun=g151,63,F labe0l ,05 = 3,06; 0,01 = 4,75), sedangkan dari analisis diperoleh pula koefisien determinasi R2 sebesar = 0,35 dapat diartikan bahwa 35% dari variasi yang terjadi pada variable Y disebabkan oleh variabel kebugaran jasmani (Xl). Prestasi belajar pendidikan jasmani memberi pengaruh positif dan sangat erat sebesar 0,78 (rXIY = 0,78, Fhitun=g140,99, Flabe0l ,05 = 3,06; 0,01 = 4,75) terhadap tingkah laku sosial, sedangkan pada perhitungan koefisien determinasi R2 sebesar = 0,61 dapat diartikan bahwa 61 % dari variasi yang terjadi pada variable Y disebabkan oleh pre stasi belajar pendidikan jasmani (X)Hasii analisis korelasi ganda terungkap adanya pengaruh positif dan erat antara kebugaran jasmani dan prestasi belajarPendidikan Jasmani secara bersama-sama terhadap perilaku sosial siswa MTsN Galur Kulon Progo, dengan menunjukkan koefisien korelasi 0,79, Fhitun=g 108,164, Ftabel 0,05 = 1,34 ; 0,01 = 1,51. Koefisien determinasi R2= 0, 61 dapat diartikan bahwa 61 % dari variasi yang terjadi pada variabel Y disebabkan oleh pengaruh variabel prediktor kebugaran jasmani dan pre stasi belajar pendidikan jasmani secara bersama-sama sedangkan sisanya 39% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti sedangkan dari hasil perhitungan regresi ganda diperoleh pengaruh antara kebugaran jasmani dan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan terhadap perilaku sosial dengan persamaan regresi Y = 6,36 + 0,31X1 + 1,64X2 yang berarti bahwa skor kebugaran jasmani akan mengalami perubahan sebesar 0,31 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada skor perilaku sosial (prediktor X1) dan juga diperkirakan akan mengalami perubahan sebesar 1,64 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (prediktor X2)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter