PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF QSH (QUESTION STUDENT HAVE) PADA MAPEL SOSIOLOGI TENTANG MASYARAKAT MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Lilik Suharmaji, SMA N 8 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sosiologi tentang masyarakat multikultural melalui PembelajaranAktif QSH (Question Student Have) tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini muncul karena siswa SMA negeri 8 kelas XI MIA 7 dalam mempelajari sosiologi kurang aktif dan kurang termotivasi. Kurangnya aktif dan motivasi peserta didik berimbas pada pasifnya siswa mengikuti pelajaran sosiologi dan hasil belajarnya belajar sosiologi yang belum memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan alur dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan tahap (1) merumuskan masalah dan merencanakan tindakan, (2) melaksanakan tindakan dan pengamatan monitoring (3) refieksi hasil pengamatan, (4) perubahan revisi perencanaan untuk pengembangan selanjutnya. Cara pengambilan data menggunakan angket dan observasi serta sumber datanya dari kolaborator dan siswa. Analisa data menggunakan deskriptif untuk menjabarkan hasil observasi dan menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisa motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket dan penilaian dapat diketahui proses pembelajaran pada siklus I sebesar 80% atau dengan kategori pembelajaran yang berkualitas, pada siklus II sebesar 90,76% atau kategori sangat berkualitas. Artinya, ada perbaikan proses pembelajaran secara bermakna pada bagian kegiatan pembelajaran saat guru melakukan penelitian tindakan kelas. Ketuntasan hasil belajar dari prapenelitian sebesar 0%, Siklus I sebesar 100% dengan rata-rata nilai 86,16 dan siklus II sebesar 100% dengan rata-rata nilai 87,88. Artinya terjadi perbaikan hasil belajar yang sangat signifikan. Perbaikan motivasi belajar dari siklus I sebesar 80,8 % atau kategori baik, siklus II sebesar 79,40% atau kategori baik, dan siklus III sebesar 83,5 % atau Sangat Baik. Artinya motivasinya semakin meningkat saat guru menerapkan pembelajaran aktif model QSH (Question Student Have).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i01.5626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter