PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN TEKNIK TARI BAMBU

Catarina Kurnia Setyawati, SMP Budya Wacana Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Anggapan pada sebagian besar siswa terhadap pembelajaran keterampilan membaca adalah sebagai pembelajaran yang membosankan. Siswa cenderung malas dan pasif untuk membaca. Alasan siswa kurang tertarik padapembelajaran keterampilan membaca dikarenakan teks yang panjang dan sulit dipahami. Kondisi tersebut menyebabkan motivasi membaca yang rendah pada diri siswa,yang mengakibatkan kemampuan membacasiswayang rendah pula. Oleh karena itu,harus dilakukan berbagai cara agarsiswamerasamudah, senang, dan mempunyai motiyasi yang tinggi untuk membaca. TeknikTari Bambu sebagai salah satu teknik pembelajaran keterampilan membaca dapat membuat siswa belajar membaca sambil bermain, sehingga siswa terhindar dari rasa bosan untuk membaca. Teknik Tari Bambu dapat membuatasiswa senang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter