Kendala-kendala Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

Authors

  • Romiyatun Romiyatun SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v14i01.5507

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap bahwa bahasa indonesia setelah bahasa daerah mereka. ini menjadi kendala bagi mata pelajaran bahasa indonesia. Guru haru smampu menganalisis persamaan dan perbedaan bahasa daerah tempat mengahar dan bahasa indonesia. penguasaan teori tentan gbelajar bahasa kedua menjadi kunci keberhasilan guru dalam mengajarkan bahasa indonesia.  Pembelajaran harus berfokus pada siswa. Siswa harus diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Melalui penerapan KTSP secara optimal, diharapkan siswa mampu menguasai kompetensi dasar. Pembelajaran bahasa indonesia perlu didukung dengan pendekatan komunikatif-integratif, yang menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Hal ini akan mampu memotivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2010-06-08

How to Cite

Romiyatun, R. (2010). Kendala-kendala Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 14(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v14i01.5507

Issue

Section

Articles