Efektivitas Pembelajaran Konsep Koperasi melalui Pendekatan Contextual Teaching and Larning (CTL) dengan Media CD

Surmarwastuti Surmarwastuti, SMP N 2 Temon, Indonesia

Abstract


Pembelajaran konsep koperasi oleh sebagian guru dan siswa dianggap kurang menarik dan kurang menyenangkan dan kadang membosankan. hal ini tentunya harus mendapat perhatian yang sungguh dan dicari jalan keluarnya. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran ditentukan oleh berbagai faktor tidak langsung terhadap pelaksanaan pembelajaran. Faktor tersebut adalah kompetensi guru dalam mengelola sumber belajar dan tersedianya media. Guru mengawali pembelajaran dengan konsep simpan pinjam dengan memutarkan CD video tentang koperasi pada sebuah koperasi. Langkah ini memotivasi dan memahamkan siswa bahwa konsep koperasi merupakan bagian dari materi pelajaran ekonomi yang mau tidak mau harus diapresiasi. Pembelajaran dengan media ternyata dapat mengurangi ketidakmenarikan dan ketidakmenyenangkannya pembelajaran konsep koperasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v11i01.5477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter