Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kaoperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SDN Klitren YogYakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Dengan menggunakan alur/siklus perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Klitren Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus. Data diperoleh dengan cara pengamatan saat dilakukan tindakan dan dokumen hasil belajar tes individu setiap akhir siklus. Data pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedang hasil belajar siswa dianalisis secara kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa VI SDN Klitren Yogyakarta meningkat. Dengan adanya peningkatan hasil belajar Matematika, dapat disimpulkan, pendekatan kooperatif model STAD telah meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN Klitren Yogyakarta.