PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR MEMBACA SISWA TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TEKNIK MEMBACA CERITA BERGAMBAR

Sudiman Sudiman, TK PKK Jatisarono Nanggulan KP, Indonesia

Abstract


Keterampilan membaca sangat penting bagi keberhasilan anak dalam belajar. Besar harapan orang tua agar anaknya dapat membaca untuk dapat masuk SD unggulan. Hal ini perlu mendapat perhatian. Kebijakan pendidikan menetapkan bahwa anak di TK belum diperbolehkan diberi pelajaran membaca, menulis seperti di SD. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban apakah benar penerapan teknbik membaca cerita bergambar dapat meningkatkan kematangan kesiapan belajar membaca anak TK PKK Jatisarono. Penelitian ini adalah PTK dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan kuantitatif deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan teknik membacakan cerita bergambar terbukti memfasilitasi perubahan atau peningkatan kematangan kesiapan belajar membaca anak. Hasil wawancara, orang tua mengaku bahwa anak telah tumbuh minat/perhatian terhadap bacaan, keinginan membaca dan diajari membaca, serta ada usaha anak untuk dapat membaca. Hasil pengamatan menunjukkan adanya perubahan perilaku anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v13i01.5446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter