Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Metode Chain Writing dan Model Pembelajaran CIRC

Wahyu Wijayati, SMA N Girimulyo KP, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran menulis bahas aInggris serta untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis bahasa Inggris. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPSb SMA N 2 Girimulyo Kulon Progo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui hasil tugas mandiri siswa, pengamatan dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siklus pertama, pada akhir pertemuan ke-1 dan ke-2 skor rata-rata tugas mandiri siswa tertinggi adalah 60.71 dan terendah 57.50. Skor rata-rata tertinggi pada akhir siklus pertama adalah 63.71. skor rata-rata terendah adalah 60.88. Berdasarkan hasil pengamatan laborator pada siklus pertama, 50.00 aktivitas guru mendapat predikat amat baik (A), dan 50.00 mendapat predikat baik (B), sedangkan 50.00 aktivitas siswa mendapat predikat baik (B) dan 50.00 mendapat predikat cukup (C). Pada siklus kedua, 90.00 aktivitas guru mendapat predikat amat baik dan 10.00 mendapat predikat baik. sedangkan 50.00 aktivitas siswa mendapat predikat amanat baik dan 50.00 mendapat predikat baik. berdasarkan hasil kuesioner pada siklus pertama 87.04 siswa merasa sedang dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran menulis bahasa Inggris dengan menggunakan metode Chain Writing dan model pembelajaran CIRC. Pada akhir siklus kedua motivasi siswa meningkat menjadi 91.80.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v13i01.5442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter