MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI PENELINAN TINDAKAN KETAS

Setya Raharja, FIP UNY, Indonesia

Abstract


Pergeseran paradigma dalam menghargai dan menentukan mutu pendidikan, khususnya di sekolah, senantiasa berdampak pada implementasipola pembelajaran yang yang dilakukan oleh para guru atau pendidik. Perlakuan-perlakuan kepada siswa pada saat ini cenderung mengarah pada upaya menumbuhkembangkan potensi, daya kreasi, daya inovasi, kemandirian siswa, tidak lagi berpihak pada paham "anak sebagai botol kosong"yang dapat diisi apa saja oleh guru. Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan sedikit tentang upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pembelajaran melalui kajian ilmiah dalam bentuk penelitian tindakan kelas atau PTK. PTK sangat tepat untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Melalui PTK,permasalahan pembelajaran tidak akan lepas dari konteksnya, sehingga pemecahan masalahnya punakan tepat mengenai sasaran, baik yang berkenaan dengan guru,siswa,materi atau komponen pembelajaran lain. Dalam PTK, guru berperan sekaligus menjadi peneliti. Untuk dapat melaksanakan PTK dengan baik, guru perlu memahami tentang sumber masalah, mendesain tindakan atau cara pemecahan masalah, memonitor kemajuan atau keberhasilan tindakan, merefleksi dan memaknai hasilnya untuk dapat menentukan perbaikan-perbaikan pembelajaran pada saat-saat berikutnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v9i01.5440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter