MENGANALISIS KUALITAS TES SEBAGAI SALAH SATU KOMPETENSI GURU PROFESIONAL

H Sujati, FIP UNY, Indonesia

Abstract


Mengevaluasi pengajaran merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru yang profesional. Selama ini kompetensi tersebut hanya dimaknai secara sempit, yakni menyusun, melaksanakan tes dan memberikan nilai berdasarkan skor hasil tes tersebit. Sementara kualtias itu sendiri hampir tidak pernah dipikirkan oleh guru. Tulisan ini berupaya memaparkan bagaimana suatu tes dianalisis baik secara kualtiatif maupun kuantitatif. Analisis tes secara kuantitatif meliputi penemuan indeks kesukaran butir,d aya beda butir, keefektifan pengecoh (khusus untuk tes pilihan ganda) dan reliabilitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v9i01.5438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter