PERANAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU
Abstract
Masalah tenaga pendidikan di Indonesia selama ini antara lain adalah rendahnya kualitas dan profesionalis meguru, rendahnya kemandirian guru dalam melaksanakan profesinya yang berakibat rendahnya mutu pendidikan. Untuk meningkatkan profesionalisme guru perlu diupayakan peningkatan
kualifikasi, kompetensi, wawasan keilmuan, serta kesejahteraan guru. Profesi guru dilegitimasi oleh masyarakat pengguna untuk itu guru dituntut menguasai didaktik dan metodik, serta menguasai substansi keilmuan yang menjadi kompetensinya. Guru profesional dituntut selalu meningkatkan profesionalisme, serta kemampuan, pengetahuan dan wawasan keilmuannya secara berkelanjutan. Profesi guru harus merupakan profesi mandiri dan memiliki komunitas profesionalyang selalu berkembang. Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebogai organisasi profesi guru, diharapkan lebih proaktif dalam memperjuangkan perbaikan kesejahteraan, citra, serta meningkatkan profesionalisme guru. Organisasi profesi ini didambakan dapat menunjukkan citra sebagai motor penggerak dan wadah penampung semua aspirasi profesionalisme guru berperan aktif memotivasi peningkatan kualitas guru
kualifikasi, kompetensi, wawasan keilmuan, serta kesejahteraan guru. Profesi guru dilegitimasi oleh masyarakat pengguna untuk itu guru dituntut menguasai didaktik dan metodik, serta menguasai substansi keilmuan yang menjadi kompetensinya. Guru profesional dituntut selalu meningkatkan profesionalisme, serta kemampuan, pengetahuan dan wawasan keilmuannya secara berkelanjutan. Profesi guru harus merupakan profesi mandiri dan memiliki komunitas profesionalyang selalu berkembang. Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebogai organisasi profesi guru, diharapkan lebih proaktif dalam memperjuangkan perbaikan kesejahteraan, citra, serta meningkatkan profesionalisme guru. Organisasi profesi ini didambakan dapat menunjukkan citra sebagai motor penggerak dan wadah penampung semua aspirasi profesionalisme guru berperan aktif memotivasi peningkatan kualitas guru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v8i01.5435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: