MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2OO4

Sri Murtiningsih, SMA N 2 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Menulis Puisi merupakan pembelajaran yang kurang diminati siswa. Hal tersebut disebabkan oleh strategi pembelajaran yang kurang menarik dan kurang mengembangkan kreativitas siswa untuk menuliskan pengalaman emosional, imajinatif, dan intelektualnya dalam bentuk puisi di kelas. Salah satu cara agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan adalah dengan sebuah model pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2004. Guru memilih strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan keadaan sekolahnya masing-masing. Langkah-langkahnya yaitu:(l) Dalam memberikan tugas menulis puisi,guru tidak menentukan tema yang sama bagi seluruh siswa;(2)Siswa diberi kekebasan memilih tempat yang nyaman untuk beri majinasi dan menulis puisi,di luar kelas;(3) Sebagian puisi karya siswa dibacakan di depan kelas dan dinilai teman-temannya;dan (4) Siswa mengerjakan tes afektif;(5) Pembelajaran diakhiri dengan refleksi. Dengan model pembelajaran tersebut, siswa diharapkan dapat dengan mudah menulis puisi sehingga pembelajaran tersebut akan menarik minat siswa untuk mengikutinya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v8i01.5432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter